Bagikan:

YOGYAKARTA - Tabungan berjangka adalah salah satu produk tabungan yang disediakan oleh bank. Apa itu tabungan berjangka? Istilah umumnya, tabungan berjangka adalah jenis simpanan dengan jangka waktu tertentu yang lebih panjang dari tabungan biasa. 

Tabungan berjangka dihadirkan oleh perbankan untuk memudahkan nasabahnya dalam menyimpan dan mengelola keuangannya. Apalagi bagi nasabah yang ingin menabung untuk kebutuhan di masa depan atau jangka panjang. 

Jenis simpanan ini juga menjadi solusi untuk menghadapi godaan pengeluaran. Dengan memanfaatkan tabungan berjangka, Anda bisa menabung secara lebih disiplin dan menjaga keuangan lebih stabil dan tidak boros pengeluaran. 

Apa Itu Tabungan Berjangka

Tabungan jangka panjang adalah jenis simpanan yang disediakan oleh pihak bank untuk keperluan menabung jangka panjang. Tabungan berjangka menerapkan sistem tabungan jangka waktu tertentu dan bunga lebih dari tabungan biasa. Selain itu, tabungan berjangka juga dilengkapi benefit asuransi. 

Saat mengambil layanan tabungan berjangka, nasabah membayar sejumlah dana tertentu atau ditarik dari rekeningnya setiap bulan. Transaksi bisa menerapkan sistem auto debit atau secara otomatis. 

Umumnya jangka waktu dalam tabungan berjangka adalah 6 bulan hingga 20 tahun. Dengan tabungan berjangka, nasabah memiliki kewajiban menabung secara rutin sesuai waktu yang telah disepakati. 

Dalam tabungan berjangka, nasabah tidak diizinkan melakukan penarikan dana tabungan sebelum masa jatuh tempo. Uang yang disimpan nasabah dalam tabungan hanya bisa ditarik saat akhir periode deposit atau tanggal jatuh tempo. Apabila memaksa mengambil uang sebelum jatuh tempo maka nasabah akan dikenakan penalti. 

Keuntungan Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka banyak dipilih oleh nasabah karena memiliki banyak keuntungan. Berikut kelebihan yang akan didapatkan oleh nasabah ketika menggunakan tabungan jangka panjang. 

Suku Bunga yang Tinggi

Salah satu kelebihan dari tabungan berjangka adalah suku bunga yang tinggi. Faktor inilah yang membuat banyak orang mengambil layanan tabungan berjangka. Setiap bulannya, bank akan membebankan suku bunga tertinggi sehingga tabungan Anda selalu meningkat seiring berjalannya waktu. 

Suku bunga pada tabungan berjangka bisa mencapai empat sampai lima persen lebih tinggi per tahun dibanding tabungan biasa. Jadi semakin lama Anda menabung, maka hasil yang didapatkan pun semakin tinggi juga. 

Setoran Awal Terjangkau

Kelebihan lain dari tabungan berjangka adalah setoran awal yang terjangkau atau lebih rendah. Setoran pertama untuk tabungan berjangka serta setoran rutinnya terhitung rendah dibandingkan deposito. Misalnya Anda bisa memberikan setoran awal sejumlah Rp100 ribu hingga Rp500 ribu. 

Meskipun nominalnya terbilang kecil, namun jika Anda menabung secara rutin setiap bulannya maka bisa mengumpulkan lebih banyak uang. Apalagi mengingat suku bunga tabungan berjangka cukup tinggi. 

Dana yang Disimpan Terjamin Aman

Menabung di bank terjamin aman dari berbagai risiko dibanding menyimpan uang kertas secara fisik. Anda juga tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak ketika akan menyetorkan dana untuk ditabung. Adanya fitur auto debit dan mobile banking memungkinkan Anda menabung tanpa harus pergi ke bank. Selain itu, secara legalitas bank sudah terdaftar di Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Bisa Mendapatkan Asuransi

Kelebihan lain yang akan Anda dapat dari tabungan berjangka adalah bisa mendapat asuransi. Saat memilih tabungan berjangka, biasanya Anda akan ditawari dengan layanan asuransi lainnya. Setiap bank biasanya memiliki layanan dengan rincian yang berbeda-beda. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu tabungan berjangka dan berbagai keuntungannya. Tabungan berjangka menawarkan banyak kelebihan sehingga banyak dipilih oleh orang dewasa yang sudah berkeluarga maupun anak muda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.