Bagikan:

JAKARTA – Angin segar industri pesawat terbang nasional kembali berhembus setelah sekian lama terkena turbulensi hebat pasca krisis 1998. Terbaru, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa pemerintah tengah membidik investasi strategis dari perusahaan penerbangan raksasa Boeing untuk membenamkan modal di Indonesia.

Hal tersebut mencuat usai Menko Airlangga bertemu dengan President Boeing International Sir Michael Arthur dan President Boeing Southeast Asia Alexander C. Feldman di Jakarta awal pekan ini.

“Boeing memberi peluang adanya offset scheme terhadap pembelian pesawat, baik sipil maupun militer yang merupakan potensi Boeing melakukan investasi di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi hari ini, Kamis, 16 Juni.

Menurut Airlangga, investasi tersebut direncanakan berupa kegiatan usaha di bidang industri pembuatan komponen pesawat, perawatan pesawat, serta pendirian lembaga-lembaga pendidikan untuk pilot, teknisi, dan tenaga-tenaga ahli lainnya, yang berhubungan dengan industri kedirgantaraan.

“Pemerintah optimistis dengan semua upaya yang dilakukan akan dapat lebih mengembangkan lagi industri kedirgantaraan RI. Apalagi Indonesia membuka diri atas investasi yang masuk dalam industri kedirgantaraan nasional, baik itu dalam bentuk penanaman modal dalam negeri maupun penanaman modal asing,” tuturnya.

Selain itu, Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa saat ini fasilitas Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) telah dibangun di Batam dengan fasilitas Kawasan Ekonomi Khusus dengan infrastruktur yang telah memadai.

“Pemerintah Indonesia mengapresiasi dukungan Boeing terhadap industri kedirgantaraan nasional dengan mengembangkan perusahaannya pada seluruh lini bisnis, terutama di lini pesawat komersial, pertahanan, dan jasa, serta untuk membantu fasilitas simulator pesawat pada sekolah vokasi penerbangan kita,” jelasnya.

Sebagai informasi, industri pesawat terbang termasuk dalam Prioritas Pengembangan Industri Nasional 2022-2024. Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2022 tentang Kebijakan Industri Nasional Tahun 2020-2024.

Sektor industri dinilai memiliki posisi strategis mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, pengembangan wilayah, konektivitas antar wilayah, dan memperkukuh kedaulatan negara.

Adapun, Boeing International sendiri merupakan perusahaan multinasional yang berasal dari Amerika Serikat dan fokus pada pengembangan pesawat komersil. Boeing bahkan telah membuka anak usaha PT Boeing Indonesia di Jakarta sejak pertengahan 2021 lalu.