Survei Poltracking: Elektabilitas Ganjar Salip Prabowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengenakan sarung dan peci saat berdinas di kantor pada Hari Santri Nasional. (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Survei terbaru Poltracking Indonesia mencatat elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyalip Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Di mana Prabowo, selama ini selalu bertengger di puncak klasemen elektabilitas calon presiden 2024. 

“Dalam pertanyaan terbuka capres 2024, nama-nama yang terekam antara lain, Ganjar Pranowo 18,2 persen, Prabowo Subianto 17,1 persen, Anies Baswedan 10,2 persen,” ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda di Jakarta, Senin, 25 Oktober. 

Disusul oleh Ridwan Kamil 2,4 persen, Khofifah Indar Parawansa 2,1 persen, Sandiaga Salahuddin Uno 1,7 persen, Puan Maharani 1,5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,3 persen, Airlangga Hartarto 0,5 persen, Gatot Nurmantyo 0,4 persen. 

 

Ada pula nama lain seperti, Andika Perkasa 0,3 persen, Mahfud MD 0,3 persen, Erick Thohir 0,2 persen dan Muhaimin Iskandar 0,2 persen.

“Berdasarkan temuan survei ini, terdapat tiga kandidat yang cukup potensial dengan angka elektabilitas di atas 10 persen, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan,” jelas Hanta.

Mengingat pelaksanaan pilpres masih cukup jauh hingga tahun 2024, kata Hanta, sangat mungkin terjadi berbagai dinamika, peristiwa, dan momentum politik yang berpotensi mengubah peta politik elektoral ke depan.

Hanta menambahkan survei ini juga memberikan gambaran dalam konteks Pilpres 2024. Terdapat tiga panggung strategis, yakni kepala daerah, menteri, dan politikus atau ketua umum partai. 

 

"Mereka mendapat sorotan publik dan dapat dikapitalisasi sebagai eskalator politik untuk capres 2024," demikian Hanta Yuda. 

 

Survei ini diambil secara tatap muka langsung yang digelar pada medio 3-10 Oktober 2021. Menggunakan metode multistage random sampling dengan 1220 responden dan margin of error (MoE) kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.