Prakiraan Cuaca BMKG: Sejumlah Daerah Berpotensi Dilanda Hujan Lebat Hari Ini Jumat 10 September
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah daerah di Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Dilansir Antara, berdasarkan data yang dihimpun dari laman resmi BMKG di Jakarta, Jumat, daerah yang mengalami cuaca tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur.

Cuaca serupa juga diprakirakan terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Barat.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi 4-6 meter yang berpeluang terjadi di Perairan Barat Mentawai, Perairan Pulau Enggano, Perairan Barat Lampung,

Gelombang tinggi serupa juga berpotensi terjadi di area Samudra Hindia Barat Nias hingga Lampung, Selat Sunda Bagian Barat hingga Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa, dan Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diharapkan untuk tetap selalu waspada.