Penjara Sudah Penuh Jadi Alasan Ribuan Napi Dibebaskan di HUT ke-76 RI
Ilustrasi/ ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Setelah memberikan Remisi Umum kepada 5.233 narapidana di seluruh warga binaan pemasyarakatan di DKI Jakarta pada peringatan HUT ke-76 RI, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kakanwil Kumham) DKI Jakarta Ibnu Chuldun menyebut adanya overkapasitas terhadap jumlah narapidana di Jakarta.

Berdasarkan data terakhir yang dimiliki Kanwil Kumham DKI Jakarta hingga Senin 16 Agustus, kemarin, terdapat 17.824 orang narapidana di Rutan dan Lapas di DKI Jakarta.

Ia menilai jumlah tersebut sudah melebihi kapasitas narapidana di Rutan dan Lapas di DKI Jakarta.

Ibnu berharap pemberian Remisi Umum tersebut dapat mengurangi kapasitas narapidana yang berlebih di dalam Lapas dan Rutan di DKI Jakarta.

"Sebanyak 5.233 narapidana di seluruh warga binaan pemasyarakatan di DKI Jakarta mendapatkan Remisi Umum pada peringatan HUT ke-76 RI. Sebanyak 4.913 orang narapidana diantaranya dapat remisi pengurangan masa tahanan sebagian dan 320 orang narapidana lainnya langsung bebas," katanya kepada VOI, Rabu 18 Agustus.

Selain pemberian Remisi, pihaknya juga menggelar Vaksinasi Merdeka kepada 14.497 narapidana di DKI Jakarta.

"1.083 belum tervaksin karena kendala kesehatannya. Tapi kami upayakan agar seluruh warga binaan divaksin guna meningkatkan kekebalan kelompok di dalam Lapas dan Rutan," katanya.