Kepala Kampung Bingki Obaja Nang Dievakuasi ke RS Bhayangkara, Ditembak KKB Tendius Gwijangge di Paha
Obaja Nang, Kepala Kampung Bingki, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo (Foto: ANTARA/HO-Humas Polda Papua)

Bagikan:

PAPUA - Kepala kampung Bingki, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo Obaja Nang yang jadi korban penembakan KKB dievakuasi ke Jayapura untuk mendapat perawatan atas luka tembak yang dialaminya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal menjelaskan, korban Obaja Nang sebelumnya dilaporkan meninggal akibat luka tembak. Namun Sabtu, 26 Juni hari ini yang bersangkutan sudah dievakuasi ke Jayapura.

"Korban Obaja Nang ditangani paramedis di RS Bhayangkara," jelas Ahmad dilansir Antara, Sabtu, 26 Juni. 

Kondisi Obaja yang mengalami luka tembak di bagian paha dilaporkan stabil. Insiden brutal KKB Papua ini juga menewaskan empat warga sipil yang bekerja membangun rumah warga. 

Jenazah tiga dari empat korban yang dianiaya hingga tewas KKB pimpinan Tendius Gwijangge sudah dievakuasi ke Merauke untuk dimakamkan.

Jenazah korban yang dievakuasi ke Merauke adalah Sudarto (45), Rufaidin (40) dan Suardi (60). Sedangkan jenazah Ezar Tuwonusa (60) dimakamkan di Dekai.

Saat ini warga kampung Bingki sudah mengungsi ke Dekai karena takut akan aksi kekerasan yang dilakukan KKB.

Aksi kekerasan yang dilakukan KKB pimpinan Tendius Gwijangge diketahui setelah adanya laporan penembakan terhadap truk milik PT. Papua Crenoma saat truk sedang mengangkut material untuk membangun jembatan.

Pada Kamis, 24 Juni KKB menyerang kampung Bingki hingga menewaskan empat pekerja bangunan yang sedang membangun rumah warga.