Rupiah Perlahan Menguat, Rabu Ditutup di Level Rp14.710 per Dolar AS
Ilustrasi. (Foto: Bank Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup menguat pada perdagangan hari ini, Rabu 20 Mei. Rupiah mampu menguat 60 poin atau 0,41 persen ke level Rp14.710 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra tadi pagi mengatakan, sentimen positif masih terlihat di pasar keuangan pagi ini meskipun pasar keuangan AS mengalami tekanan semalam.

Pasar masih optimis dengan mulai bergeraknya kembali perekonomian dan perkembangan wabah COVID-19 yang menurun di beberapa negara pandemi. Perkembangan vaksin juga masih mendukung optimisme pasar tersebut.

Sore ini, mata uang di kawasan Asia bervariasi terhadap dolar AS. Selain rupiah, yang menguat terhadap dolar AS adalah baht Thailand (0,26 persen), peso Filipina (0,06 persen), dan dolar Hong Kong (0,01 persen).

Sementara sebagian besar mata uang di Asia melemah terhadap dolar AS, dipimpin oleh won Korea Selatan yeng melemah 0,41 persen. Disusul rupee India yang melemah 0,21 persen, yuan China yang terkapar 0,10 persen, dan dolar Taiwan yang melemah 0,09 persen.

Dolar Singapura turun 0,05 persen, dan ringgit Malaysia melemah 0,03 persen terhadap dolar AS.