Pertanian di Prancis Ini Gunakan Serangga untuk Menggantikan Peran Pestisida
Produk tomat ini dihasilkan tanpa menggunakan pestisida. (Instagram/saveol_officiel)

Bagikan:

JAKARTA - Seiring meningkatnya kesadaran untuk hidup sehat, kepedulian akan bahan pangan sehat dan bebas pestisida. Beragam cara dilakukan untuk menghasilkan produk pangan bebas pestisida.

Seperti koperasi pertanian di Prancis bernama Saveol misalnya, yang menggunakan serangga seperti lebah dan tawon untuk memerangi hama, sekaligus membantu proses penyerbukan. 

Bukan sembarang lebah dan tawon, sebab serangga-serangga tersebut dikembangbiakan dalam pembibitan unik di Brittany, Prancis

Sebagai produsen tomat terbesar di Prancis, koperasi Saveol bekerja dengan 126 produsen dan dikenal dengan tanaman bebas pestisida. Meningkatnya permintaan konsumen untuk tidak menggunakan pestisida, seiring dengan kekhawatiran seputar dampak bahan kimia keras terhadap manusia dan lingkungan.

serangga
Tawon yang digunakan untuk menggantikan pestisida. (Instagram/saveol_officiel)

Peternakan serangga ini dibuka pada tahun 1983, tepat di luar Brest, Prancis. Tetapi bahkan hari ini, Savéol adalah satu-satunya produsen Eropa yang telah mengintegrasikan produksi serangga pembantu.

Serangga yang berguna ini dapat mengendalikan spesies berbahaya seperti lalat putih, yang mengelilingi tanaman yang sedang tumbuh. Sementara lebah memastikan penyerbukan yang efektif dengan cara organik murni.

Sebelumnya, sebagian besar tomat Brittany ditanam di rumah kaca, mereka tidak memenuhi syarat untuk label organik, yang mengharuskan tanaman ditanam di bawah kondisi alami di tanah.

Hal itu mendorong Saveol untuk bekerja sama dengan beberapa koperasi Brittany lainnya dua tahun lalu, Sica dan Solarenn, untuk mempromosikan 'strategi' bebas pestisida mereka.

serangga
Produk tomat yang dihasilkan. (Instagram/saveol_officiel)

"Secara keseluruhan, penggunaan serangga predator oleh petani Prancis telah melonjak, dengan regulator menyetujui 330 spesies sebagai pengobatan hama tanaman pada kuartal pertama tahun ini, naik dari 257 pada tahun 2015," menurut Kementerian Pertanian Prancis seperti melansir Euronews.

"Pada tahun 2020, kami tidak melakukan perawatan kimia sama sekali. Kami berada dalam periode di mana konsumen ingin makan sehat. Bebas pestisida adalah cara ketiga, alternatif untuk produksi massal, tapi sehat," terang François Pouliquen, kepala Saveur d'Iroise, pertanian anggota koperasi seperti mengutip News.in-24 dari AFP.

Seiring dengan meningkatnya permintaan, koperasi berencana untuk menambah lahan peternakan serangga seluas 1.200 meter persegi di tahun ini. Luasnya sendiri saat ini sudah mencapai 4.500 meter persegi. Perpanjangan baru juga akan memungkinkan pengembangan berbagai serangga baru yang lebih cocok untuk budidaya stroberi.

"Ekspansi ini akan memungkinkan kami untuk meningkatkan kapasitas produksi kami secara signifikan”, kata Pierre-Yves Jestin, kepala struktur yang memproduksi 74.000 ton tomat setiap tahun, tetapi juga 2.500 ton stroberi.