Gubernur Bali Mengaku Sering Dikirim Foto-Video Bule Langgar Prokes dari Menteri
Gubernur Bali Wayan Koster dalam jumpa pers (Dafi/VOI)

Bagikan:

DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster mengaku kerap dapat laporan dari menteri soal bule yang melanggar protokol kesehatan. Laporan berupa foto dan video ini dikirim menteri ke Koster. 

"Terus terang, saya setiap ada kejadian di Bali yang dilakukan pelanggaran oleh warga negara asing itu, saya selalu mendapat kiriman foto atau video dari para menteri di Jakarta," kata Koster, saat jumpa pers di kantor wilayah Kemenkum HAM Bali, Rabu, 5 Mei. 

"Yang sangat perhatian dengan permasalahan yang ada di Bali, berkaitan dengan penerapan protokol  kesehatan dan juga perlakuan kebijakan tegas yang sama terhadap warga negara sendiri maupun juga warga negara asing," sambungnya. 

Koster mengaku diperingatkan agar tidak membiarkan warga negara asing melanggar protokol kesehatan. Harus ada tindakan tegas terhadap pelanggaran prokes. 

"Saya diperingatkan jangan (karena) berlaku sebagai wisatawan mancanegara memberikan devisa, lantas melakukan tindakan yang melanggar hukum yang tidak menghormati hukum yang berlaku di wilayah Indonesia," ujar Koster.

Dia menegaskan siapa pun harus taat protokol kesehatan dan termasuk hukum di Indonesia. Koster mewanti-wanti warga negara asing agar tak berulah.

"Ini semua menjadi pelajaran untuk kita, tidak saja bagi warga negara asing tapi semua pihak yang menjadi bagian dari pelaku pariwisata di Indonesia," sambungnya.

"Jangan, kita mentolerir hal-hal seperti ini hanya akan merusak tatanan kehidupan kita dan juga mencederai kewibawaan negara kita sebagai negara yang berdaulat," ujar Koster.