Bagikan:

JAKARTA - Kandidat calon presiden pada Pilpres 2024, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dipastikan hadir dalam acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI pada Minggu, 20 Oktober. 

Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengungkapkan, keduanya bersedia menyaksikan Prabowo Subianto dilantik sebagai Presiden ke-8 RI. Hal tersebut juga sudah dikonfirmasi oleh Anies dan Ganjar. 

"Pak Anies, Mas Ganjar alhamdulillah insyaallah hadir. Saya sudah berkontak tadi malam, Mas Ganjar menyampaikan kehadirannya, Mas Anies juga menyampaikan kehadirannya," ujar Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 16 Oktober. 

Kendati demikian, Muzani menyebut pimpinan MPR belum bisa mengkonfirmasi kehadiran kandidat wapres di Pilpres 2024, Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD. 

"Saya belum bisa kontak (Mahfud), demikian juga Mas Muhaimin. Tapi Mas Ganjar dan Mas Anies kami sudah berkontak, alhamdulillah (akan hadir)," kata Sekjen Gerindra itu. 

Adapun hari ini pimpinan MPR akan melanjutkan roadshow untuk berkirim undangan ke kediaman mantan Wapres Try Sutrisno dan Jusuf Kalla. 

"Iya kami hari ini akan mengantarkan undangan pelantikan ke pak Try Sutrisno, kami mengharapkan beliau sebagai wakil presiden bisa hadir, pada acara pelantikan Presiden dan Wapres 20 Oktober yang akan datang," ucap Muzani. 

Sementara undangan untuk mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), akan disampaikan pimpinan MPR esok hari. Saat ini, kata Muzani, pimpinan MPR tengah menunggu kesediaan waktu kedua pemimpin bangsa untuk disambangi. 

"(SBY) Mungkin besok, karena ada beberapa kegiatan yang sudah direncanakan. (Mega) Iya sedang direncanakan juga, mungkin besok," pungkasnya.

Disisi lain, mantan Cawapres nomor urut 03 Mahfud MD sekaligus Guru Besar Hukum Tata Negara Mahfud MD, membenarkan jika undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 sudah diterima. Mahfud memastikan, dia akan datang karena itu merupakan agenda penting bagi Republik Indonesia.

“Oh iya saya diundang, saya akan hadir tentu saja karena ini negara, ini negara kan bukan soal politik kelompok, politik perorangan,” kata Mahfud dalam podcast Terus Terang Mahfud MD di kanal YouTube Mahfud MD Official, dikutip Rabu, 15 Oktober. 

Mahfud yang maju dalam Pilpres 2024 bersama Ganjar Pranowo itu mengingatkan, setiap warga negara tentu saja memiliki kewajiban menghormati agenda-agenda penting negara. Salah satu agenda itu tidak lain pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

“Semua harus, kalau negara punya acara itu harus dihormati, saya mau datang,” kata eks Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) itu. 

Terkait kedatangannya ke Gedung MPR RI, Mahfud mengungkapkan, kemungkinan besar dirinya akan datang bersama Ganjar Pranowo, mantan Gubernur Jawa Tengah yang merupakan pasangan capresnya di Pilpres 2024. Menurut Mahfud, rencana itu sedang dikoordinasikan oleh timnya dan tim dari Ganjar.