Bagikan:

JAKARTA - Para pemimpin NATO akan mengakhiri pertemuan puncak dengan fokus yang jelas untuk mendukung Ukraina dan melawan apa yang disebut sekutu sebagai ancaman yang semakin besar yang ditimbulkan Rusia terhadap Eropa, ketika Presiden AS Joe Biden menghadapi seruan yang semakin meningkat dari para anggota NATO.

Partai Demokrat disebut-sebut bakal membatalkan upaya Biden untuk terpilih kembali.

Biden, 81 tahun, akan mengadakan konferensi pers tunggal yang jarang terjadi pada Kamis, 11 Juli, di mana para wartawan pasti akan mempertanyakan pencalonannya dalam pemilihan presiden tanggal 5 November, meskipun ia berharap untuk mengubah narasi tersebut.

Diulas Reuters, Kamis, 11 Juli, para pemimpin Eropa khawatir pemilihan presiden AS pada November akan menghasilkan perubahan besar dalam dukungan Washington terhadap Ukraina dan NATO.

Kandidat Partai Republik Donald Trump, 78, mempertanyakan jumlah bantuan yang diberikan kepada Ukraina untuk melawan invasi Rusia dan dukungan AS terhadap sekutunya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy juga akan mengadakan konferensi pers dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada hari Kamis setelah bertemu dengan anggota parlemen dari Partai Republik dan Demokrat di Gedung Capitol AS pada Rabu, 10 Juli.

Pemimpin Ukraina, yang ingin mempererat hubungan dengan anggota parlemen AS dari kedua kubu politik jika Trump terpilih kembali, bertemu dengan para pemimpin Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat serta anggota komite yang terlibat dalam pertahanan, belanja, diplomasi, dan keamanan nasional.

Zelenskyy mengatakan kepada wartawan dia mengundang Mike Johnson, pemimpin Dewan Perwakilan Rakyat AS dari Partai Republik, untuk mengunjungi Kyiv.

Dalam peringatan yang jelas kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, Amerika Serikat pada hari Rabu mengatakan akan mulai mengerahkan rudal jarak jauh di Jerman pada tahun 2026, senjata Amerika yang paling ampuh yang berbasis di benua Eropa sejak Perang Dingin.

Deklarasi NATO juga mengatakan sekutu akan memberikan setidaknya 40 miliar euro (43,28 miliar dollar AS) bantuan militer pada tahun depan, meskipun mereka tidak memenuhi komitmen multi-tahun yang diminta Stoltenberg. Anggota NATO juga berjanji untuk terus mendukung Ukraina "di jalur yang tidak dapat diubah menuju integrasi penuh Euro-Atlantik, termasuk keanggotaan NATO".

Biden, yang akan menjadi tuan rumah acara dukungan untuk Ukraina, berpendapat NATO “lebih kuat dari sebelumnya” dan Ukraina dapat dan akan menghentikan pemimpin Rusia Putin “dengan dukungan penuh dan kolektif kami.”

Presiden AS yang semakin mendapat perlawanan ini menjadi tuan rumah jamuan makan malam untuk sekutu dan mitra NATO di Gedung Putih pada hari Rabu, menggarisbawahi peran aliansi tersebut dalam menjamin “kebebasan, keamanan dan demokrasi” bagi semua warga negaranya.

Ia juga bertemu dengan Perdana Menteri baru Inggris Keir Starmer, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dari Kanada, dan Presiden Finlandia Alexander Stubb.

Meskipun Biden berusaha menggalang sekutu dan pemilih Partai Demokrat, beberapa pejabat tinggi Eropa bertemu dengan penasihat kebijakan luar negeri Trump selama pertemuan puncak.

Pada Rabu, Trump mengatakan kepada Fox News Radio, dia tidak akan menarik AS keluar dari NATO tetapi menegaskan bahwa dia ingin negara-negara anggotanya membayar lebih.

"Saya hanya ingin mereka membayar tagihan mereka. Kami melindungi Eropa. Mereka sangat memanfaatkan kami," katanya.

Trump telah menekan anggota Kongres dari Partai Republik untuk menghentikan bantuan militer bagi Ukraina sebelum kemudian berbalik arah pada awal tahun ini.

Kinerja Biden yang tidak seimbang dalam debat tanggal 27 Juni melawan Trump dan rendahnya peringkat dukungan publik telah menimbulkan keraguan baru mengenai kebugaran mentalnya, dengan sembilan anggota Kongres dari Partai Demokrat dan satu senator Partai Demokrat menyerukan agar dia mundur.

Zelenskiy mendesak para pemimpin politik AS dalam pidatonya pada hari Selasa untuk tidak menunggu hasil pemilu AS sebelum bergerak secara tegas untuk membantu Ukraina dan menyerukan pengurangan pembatasan penggunaan persenjataan AS.