Bagikan:

MEDAN - Wakil Ketua DPD PDIP Sumatera Utara Aswan Jaya mengungkapkan "golden ticket" untuk calon gubernur Sumatera Utara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumut 2024, diprioritaskan bagi kader PDIP.

Dua figur yang sedang menjadi sorotan akan mengantongi dukungan dari PDIP untuk Pilgub Sumut 2024 adalah Gubernur Sumatera Utara 2018-2023 Edy Rahmayadi dan mantan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan. Edy diketahui bukan merupakan kader PDIP sedangkan Nikson merupakan ketua DPC PDIP Tapanuli Utara (Taput).

"Pak Nikson adalah kader PDIP dan Ketua DPC PDIP Taput. Dengan referensi ini, peluang beliau sangat besar," ungkap Aswan, Selasa 2 Juli.

Aswan juga menekankan prioritas kader untuk mendapatkan golden ticket tidak hanya berlaku untuk Pilgub Sumut 2024, tetapi juga untuk Pilkada 2024 secara umum, termasuk pemilihan bupati dan wali kota.

"Koalisi politik juga penting, tidak menyenangkan jika kita bergerak sendiri. Golden ticket ini memungkinkan PDIP untuk tidak terburu-buru dalam menentukan calon gubernur Sumut," tambahnya.

Nikson Nababan, dalam kesempatan yang sama, meyakini PDIP masih menilai kinerja dan program kerja selain sosok pribadi.

"Keyakinan saya, penilaian hanya berdasarkan sosok tidak lagi relevan. Ini hanya akan mengecewakan partai, seperti pada masa lalu," katanya.

"Saya memohon doa restu dari masyarakat Sumatera Utara untuk maju sebagai calon gubernur Sumatera Utara. Mari kita hindari money politic, jangan jual harga diri kita demi kepentingan politik semata," tutup Nikson.

Dalam podcast di Medan, Nikson Nababan yang juga bupati Taput dua periode itu menyoroti prestasinya dalam mengurangi kemiskinan dan meningkatkan infrastruktur di Tapanuli Utara.

"Kami berhasil menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran di Taput. Infrastruktur jalan antar desa kami buka untuk menghubungkan komunitas yang terisolasi," ujarnya.

"Kami berhasil menghilangkan praktik pungli. Jabatan naik, pengangkatan kepala sekolah, semua dilakukan tanpa pungli. Kami akan mengadopsi keberhasilan ini untuk membangun Sumatera Utara," tambahnya.

Diketahui, selain Edy Rahmayadi, nama lainnya yang disebut akan maju di Pilgub Sumut 2024 ialah Wali Kota Medan Bobby Nasution. Nama terakhir telah mengantongi dukungan dari Golkar, Gerindra, Nasdem, Hanura, dan PAN.