Diduga Mau Nyamar di Kerumunan Warga, Satgas Damai Cartenz Tangkap Anggota KKB Depan Puskesmas
Kombes Pol Faizal Ramadhani (papuasatu.com)

Bagikan:

JAKARTA - Satgas Ops Damai Cartenz menangkap seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Alenus Tabuni alias Kobuter. Pemangkapan dilakukan di depan Puskesmas Distrik Ilaga Kabuapten Puncak, Papua, Minggu, 18 Februari.

"Mengamankan satu anggota KKB yaitu, Alenus Tabuni alias Kobuter di depan Puskesmas Distrik Ilaga saat bergabung dengan sekelompok masyarakat yang sedang berdiri didepan puskesmas tersebut," ujar Kepala Operasi Damai Cartenz, Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangannya, Selasa, 20 Februari.

Menambahkan, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno menyebut penangkapan Alenus Tabuni alias Kobuter bermula saat beberapa anggota sedang memantau kondisi di ibu kota Ditsrik Ilaga.

Saat itulah, didapat informasi soal keberadaan Alenus Tabuni alias Kobuter yang berjalan mengarah ke arah puskesmas.

“Anggota kami langsung mendatangi sekelompok masyarakat yang sedang berdiri didepan puskesmas tersebut dan mengamankan anggota KKB tersebut," ungkapnya.

"Saat ini yang bersangkutan telah diamankan di Polres Puncak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," sambung Bayu.

Di sisi lain, Bayu meminta masyarakat untuk berpartisipasi dalam melaporkan aktivitas mencurigakan dari KKB. Sehingga, keamanan dan di tanah Papua bisa terjamin.

"Mendukung aparat keamanan dalam memberikan jaminan keamanan di kabupaten puncak dan juga kontribusi masyarakat pada upaya pencegahan kriminalitas demi terciptanya Kabupaten Puncak yang aman dan damai," kata Bayu.