Sejumlah TPS Pemilu di Jaktim Terendam Banjir Akibat Guyuran Hujan, Petugas: Penyedotan Air Masih Berlangsung
Petugas melakukan penyedotan banjir di Jakarta (Rizky Sulistio/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 di Jakarta Timur terendam banjir setelah dilanda hujan deras pada Rabu, 14 Februari.

Berdasarkan data dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, TPS yang mengalami banjir berada di TPS 158, TPS 159 dan TPS 160 di RW 09 Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Ketinggian banjir yang menggenangi TPS itu sekitar 60 Cm. Serta TPS 68 yang berada di Jalan Waru No. 20b Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur juga tergenang.

Kepala Seksi Operasional Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menuturkan sejumlah TPS tersebut berada di permukiman warga Jalan Cempaka VI, RT 08/RW 09, Cakung Timur.

"Ketinggian air sekitar 60 sentimeter. Untuk penanganan kita sudah kerahkan satu unit mobil 'quick response' dan empat personel ke lokasi. Kita mulai penanganan sejak pukul 06.40 WIB," tutur Gatot saat dikonfirmasi, Rabu, 14 Februari.

Tidak hanya di Kecamatan Cakung, banjir dengan ketinggian sekitar 60 sentimeter juga merendam TPS 68 di Jalan Waru, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung.

Namun Gatot mengatakan setelah proses penyedotan dengan mengerahkan unit quick response yang dilakukan sejak pukul 06.30 WIB ketinggian air pada akses jalan dan TPS kini berangsur surut.

"Penyedotan masih berlangsung. Ketinggian air sekarang sudah surut, tersisa sekitar semata kaki orang dewasa," katanya.

Camat Cakung Fajar Eko Satrio mengatakan TPS di permukiman warganya tersebut terendam banjir imbas debit air hujan deras yang tidak tertampung pada saluran air permukiman warga.

"Penyebabnya saluran air meluap. Untuk TPS sementara belum dipindah," ucapnya.