Disebut <i>The Next President</i>, Ganjar Beda dari Jokowi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disebut memiliki kemiripan dengan Presiden Joko Widodo. Salah satunya adalah gemar blusukan, sehingga tak heran jika banyak yang menyebut Ganjar sebagai 'The Next President'. 

Namun dibalik kesamaan itu, ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Pengamat politik Heri Budianto menilai perbedaannya terletak pada tipikal perilaku personal atau gaya politik. Jokowi dipandang lebih tenang, lebih cool, dan lebih berhati-hati bicara dibandingkan Ganjar.

"Ganjar ini kan meledak-ledak, dalam artian ketegasannya muncul dilapangan, terlihat dari situasi kondisi. Contoh ketika sidak ditemukan ada kesalahan dilapangan entah dijembatan timbang, entah di Samsat, nah itu Ganjar tidak segan-segan untuk marah langsung di lokasi. Itu perbedaannya dengan Jokowi," kata Heri kepada VOI, Selasa, 23 Februari. 

Sikap tegas inilah, menurut Heri, menjadi nilai tambah bagi Ganjar sebagai sosok yang tepat menggantikan Jokowi sebagai presiden. Meski begitu, hasilnya tetap kembali ke tangan rakyat.

"Kembali lagi kepada rakyat, bisa saja perbedaan Ganjar yang terkesan lebih tegas, dilihat masyarakat terutama pemilih Jokowi. Sehingga diperlukan untuk sosok pemimpin dimasa yang akan datang," katanya.