Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan dan meresmikan sumur bor di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Anwar di Desa Patereman, Modung, Bangkalan, Madura, Jawa Timur (Jatim), Selasa, 23 Januari. Penyerahan sumur bor dan pipanisasi sumber mata air dilakukan di 15 titik di wilayah Madura.

"Saya sangat gembira melihat program itu cukup berhasil. Dua bulan lalu ya kita sudah harus bikin 12 titik sekarang tambah 15. Dan saya tadi mendengar laporan dari bapak wakil gubernur, masih ada banyak lagi titik yang sangat membutuhkan," ujar Prabowo saat berdialog dengan warga di Desa Patereman, Modung, Madura, Selasa, 23 Januari.

Prabowo sudah menginstruksikan Rektor Unhan untuk membentuk program studi khusus ilmu air hidrologi. "Memang air sangat penting," katanya.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak menyampaikan berdasarkan data tahun 2023, Desa rawan air di Kabupaten Bangkalan ada 53 desa, di Kabupaten Sampang 75 desa, di Pamekasan 82 desa, dan di Sumenep 42 Desa.

"Kehadiran Kementerian Pertahanan tentunya di dalam menyediakan sumber air adalah sebuah barokah yang luar biasa bagi kita semua. Mudah-mudahan beberapa tahun lagi kita akan melihat Madura yang lebih hijau, yang masyarakatnya semakin tersenyum. Wis wayahe, Madura merasakan kemajuan," ungkap Emil.

Selain Emil Dardak, turut hadir Anggota Wantimpres Soekarwo atau Pak De Karwo. Serta Rektor Universitas Pertahanan Letjen TNI Jonni Maharoza dan jajaran.