6 Rumah di Bantul Rusak Tertimpa Pohon Tumbang Saat Hujan Deras
Proses evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (19/1/2024). ANTARA/HO-Humas Polres Bantul

Bagikan:

BANTUL - Sejumlah rumah di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dilaporkan mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon tumbang ketika hujan deras disertai angin kencang yang terjadi dalam dua hari terakhir.

Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, dari data laporan Bhabinkamtibmas, ada enam rumah warga dan tempat wisata di berbagai lokasi mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon tumbang.

Rumah yang mengalami kerusakan tersebut berada di Kelurahan Poncosari Srandakan, Kebosungu Dlingo, Kelurahan Karangtalun Imogiri, Kelurahan Trimulyo Jetis, wilayah Argomulyo Sedayu, dan Kelurahan Srihardono Pundong.

"Pohon tumbang juga menyebabkan dua gazebo di obyek wisata Lembah Sorori Pelemadu, Kelurahan Sriharjo Kecamatan Imogiri, mengalami kerusakan," katanya dilansir ANTARA, Jumat, 19 Januari.

Selain itu, kata Jeffry, pohon tumbang juga terjadi di Jalan Mangun Negoro Kelurahan Patalan Jetis yang menimpa kabel telepon sehingga membahayakan pengguna jalan.

Kemudian pohon tumbang juga terjadi di ruas Jalan Kaliurang wilayah kawasan desa wisata Pinus Asri Kelurahan Munthuk Kecamatan Dlingo.

"Polisi bersama forum pengurangan risiko bencana (FPRB) kelurahan dan masyarakat, melaksanakan kerja bakti mengevakuasi pohon tumbang tersebut," katanya.

Dari sejumlah peristiwa yang disebabkan hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang tersebut, tidak menyebabkan korban jiwa. Namun, masyarakat diimbau untuk berhati-hati ketika melakukan aktivitas di luar rumah ketika hujan deras.