Ganjar-Mahfud Bakal Beri Telur ke Ibu Hamil Demi Cegah Stunting, Siti Atikoh Berikan Alasannya
Siti Atikoh (Foto: Wardhany Tsa Tsia/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh mengatakan pasangan nomor urut tiga bakal berupaya menurunkan angka stunting di Tanah Air. Salah satu caranya dengan memberikan telur bagi ibu hamil.

Atikoh bilang pemberian asupan ini bakal diupayakan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD demi terjadinya stunting sebelum anak lahir. Telur dirasa tepat karena paling mudah dicari.

“Memberikan asupan, asupannya itu yang paling mudah itu telur. Sehari satu atau dua telur,” kata Atikoh seperti dikutip dari keterangan tertulisnya pada Jumat, 29 Desember.

Atikoh bilang telur punya banyak asupan yang dibutuhkan ibu hamil. “Zat yang terkandung dalam putih telur itu protein yang paling lengkap,” tegasnya.

“Protein ada asam amino esensial, nonesensial. Nah, putih telur itu yang paling lengkap,” sambung Atikoh.

Istri eks Gubernur Jawa Tengah itu bilang protein memang bisa didaptkan dari ikan. “Tetapi itu relatif agak mahal (sementara, red) telur paling gampang,” ungkap Atikoh.

“(Pengolahan, red) diceplok gampang, didadar gampang, direbus gampang. Harganya relatif terjangkau. Kuning telurnya itu asam folatnya tinggi. Asam folat kenapa penting sekali untuk ibu yang mengandung karena itu untuk pembentukan saraf otak,” jelasnya.

Pemberian telur ini nantinya akan dilakukan setelah anak lahir hingga berusia dua tahun. Sehingga, seluruh gizi yang dibutuhkan sejak dalam kandungan terpenuhi.

Tak sampai di situ, tiap perempuan yang akan menikah hingga menjadi calon ibu juga diperhatikan kesehatannya. Begitu juga usianya, kata Atikoh, perempuan yang ingin hamil sebaiknya berusia di atas 20 tahun.

“Menikah boleh umur 18 atau 19 tahun. Tapi, ketika hamil, usianya (sebaiknya, red) 20 tahun sehingga anatomi tubuhnya itu sudah support,” pungkasnya.