Jalur Menuju Puncak Ditutup Saat Malam Pergantian Tahun
Kemacetan setiap akhir pekan oleh kendaraan pribadi di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor (VOI)

Bagikan:

CIANJUR - Polres Cianjur, Jawa Barat, akan melakukan penutupan jalur menuju Puncak, dimulai dari Tugu Lampu Gentur, By Pass Cianjur, pada malam pergantian tahun, mulai pukul 18.00 31 Desember 2023 hingga 06.00 1 Januari 2024. Arus kendaraan akan diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur, Ajun Komisaris Polisi Adhi Prasidya menyampaikan bahwa Jalan Raya Ciloto Puncak juga akan ditutup pada jam yang sama, sehingga tidak ada kendaraan yang dapat melintas di kawasan Puncak Pass.

"Penutupan berlaku dari tanggal 31 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024. Kendaraan yang diizinkan melintas dari Cianjur hanyalah warga lokal menuju Cugenang, Cipanas, Pacet, dan Sukaresmi dengan menunjukkan KTP,” ungkapnya, dikutip dari ANTARA, Kamis 21 Desember.

Selama periode penutupan tersebut, kendaraan menuju Bogor, Jakarta, dan sekitarnya akan dialihkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi. Langkah ini diambil untuk mencegah kemacetan total pada malam pergantian tahun.

Penutupan jalur dilakukan dalam rangka mendukung implementasi malam bebas kendaraan yang diterapkan oleh Polres Bogor pada malam pergantian tahun, dengan tujuan menghindari antrean panjang kendaraan yang dapat menyebabkan berhenti total selama berjam-jam.

"Rekayasa arus akan diberlakukan sebelum penutupan jalur menuju Puncak dari Cianjur, termasuk rekayasa di sepanjang jalur protokol Cianjur agar tidak terjadi kemacetan total pada malam pergantian tahun," tambahnya.

Bagi masyarakat yang berencana merayakan malam pergantian tahun di kawasan Puncak, disarankan untuk berangkat lebih awal sebelum pukul 18.00 WIB.

Adhi juga mengimbau para pengendara yang hendak melintas di jalur utama Cianjur pada malam pergantian tahun agar tetap berhati-hati, waspada, dan mematuhi aturan lalu lintas, termasuk mendengarkan anjuran dari petugas demi menghindari kemacetan yang mungkin berlangsung berjam-jam.