Sempat Tergenang Banjir 60-70 Centimeter, Kolong Tol Cawang Kini Bisa Dilalui Kendaraan
Terowongan Exit Tol Kalimalang, sementara tidak bisa dilintasi (Foto: Instagram @tmcpoldametro)

Bagikan:

JAKARTA - Kondisi genangan terowongan tol Cawang, dari Halim ke arah Tanjung Priok saat ini sudah surut pada sisi kiri dan kanan.

Dikutip dari akun Twitter resmi Traffic Management Center Polda Metro Jaya, genangan masih tersisa setinggi 20 sentimeter pada pukul 10.15 WIB. Saat ini, kolong tol sudah dapat dilakui kendaraan.

"Situasi terkini di Terowongan Tol dari Halim arah TJ.Priok sisi kiri sudah surut dan sisi kanan masih ada genangan 20 cm, semua jenis mobil sdh bisa melintas di himbau untuk berhati hati," tulis akun @TMCPoldaMetro, Jumat, 19 Februari.

 

Sebelumnya, pagi tadi Polda Metro Jaa mengalihkan kendaraan yang akan melewati kolong Tol Cawang arah ke Tanjung Priok. Sebab, genangan air mencapai 60-70 cm.

Seluruh kendaraan sejenis sedan dialihkan ke Tol Semanggi. Kemudian, Jalan Suprato, Kampung Makasar, Jakarta Timur dialihkan sementara karena genangan setinggi 50 hingga 60 cm.

Lalu, genangan setinggi 50 cm juga terjadi di depan Pasar Jagal Buncit Jalan Kemang Utara 9, Jakarta Selatan pukul 06.42 WIB, lalu lintas sementara dialihkan.

Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur mengalihkan lalu lintas di sekitar Cawang karena sejumlah jalan umum terendam banjir, Jumat pagi.

"Pengaturan lalu lintas lokasinya di Cawang Wika untuk kendaraan yang mengarah ke Kramat Jati," kata Kasi Operasional Sudin Perhubungan Jaktim, Riky Erwinda, di Jakarta.

Pengendara yang datang dari arah utara menuju selatan dialihkan petugas tepatnya di simpang Jalan Kalimalang, Makasar, Jakarta Timur.

Kegiatan pengalihan arus kendaraan melibatkan sejumlah petugas berseragam Dishub maupun polisi lalu lintas sebab sejumlah badan jalan mulai tergenang air hujan, khususnya kendaraan dari arah Cawang menuju Kebon Nanas.

Sejumlah kendaraan jenis truk ekspedisi mengalami mati mesin setelah berusaha menerobos genangan air. Sebagian pengendara lainnya memilih melawan arah demi menghindari lokasi banjir.

Terowongan yang mengarah ke Cililitan dari Kebon Nanas juga dilaporkan banjir. Gangguan lalu lintas akibat banjir terjadi setelah curah hujan yang tinggi sejak dini hari.