IHSG Akhirnya Kembali Menghijau, Ditutup Naik 2,94 Persen ke Level 5.518,63
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham gabungan akhirnya mampu bangkit setelah beberapa hari terakhir melemah hingga ke level 5.300-an. Hari ini, Selasa 3 Maret, IHSG ditutup menguat hampir 3 persen atau 2,94 persen (157,39 poin) ke level 5.518,63.

Menghijaunya IHSG didorong oleh 313 saham yang tercatat menguat, dan hanya 94 saham yang melemah. Sementara ada 130 saham yang stagnan.

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, meski rebound, pelaku pasar dan investor harus tetap hati-hati karena ke depan masih rawan koreksi.

"Sejauh ini saham-saham sudah cukup terdiskon banyak, sehingga memberikan momen kepada para pelaku pasar untuk masuk kembali dengan memperhatikan fundamental dan valuasi dari perusahaan tersebut," ujar dia kepada VOI.

Selain itu, lanjut dia, yang harus pelaku pasar perhatikan juga China sudah meminta hak paten terkait dengan vaksin tersebut, sehingga tentu saja hal ini memberikan sentimen positif bahwa virus tersebut dapat ditangani.

"Namun demikian pertanyaannya adalah, dengan adanya vaksin tersebut, apakah penyebaran dapat dikendalikan? Selama penyebarannya belum dapat dikendalikan, atau masih ada negara yang melaporkan virus corona tersebut, berarti ketidakpastian masih terbuka lebar," jelasnya.

Sore ini, saham-saham yang berada dalam jajaran top gainers, di antaranya PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk (TELE) yang menguat 34,21 persen menjadi Rp153, PT Sentral Mitra Informatika Tbk (LUCK) yang menguat 18,81 persenmenjadi Rp600, dan PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP) yang menguat 10,45 persen menjadi Rp6.075

Sementara yang berada dalam jajaran top losers di antaranya PT Lancartama Sejati Tbk (TAMA) yang melemah 25 persen menjadi Rp318, PT Repower Asia Indonesia Tbk (REAL) yang melemah 12,05 persen menjadi Rp73, dan PT Ginting Jaya Energi Tbk (WOWS) yang melemah menjadi Rp93.