Bagikan:

MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai terjadinya intensitasnya hujan yang lebih tinggi dan banjir, dampak dari hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah Sumatera Utara.

Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan Budi Prasetyo, Sabtu mengatakan, BMKG mengimbau agar masyarakat waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara.

"Wilayah pegunungan, Lereng Barat dan Pantai Barat Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam beberapa hari ke depan. Kondisi tersebut harus diwaspadai karena berpotensi dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor," katanya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Kepulauan Nias, Langkat, Medan, Serdang Bedagai, dan sekitarnya.

Siang dan sore hari juga berpotensi hujan dengan intensitas sedang di wilayah Kepulauan Nias, Simalungun, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan,Labuhan Batu, Asahan, Pakpak Bharat dan sekitarnya.

Sementara potensi hujan dengan intensitas lebat dapat terjadi di wilayah Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Sibolga Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Samosir Toba dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Langkat, Karo, Dairi, Binjai, Medan, Deli Serdang, Simalungun, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 15-32.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60-99 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam. Masyarakat diminta untuk selalu mewapadai datangnya Banjir