Asap Mengepul di Gedung Nusantara III DPR
Asap mengepul di gedung Nusantara III DPR (Foto: Gabriella Thesa Widiari)

Bagikan:

JAKARTA - Asap mengepul di Gedung Nusantara III DPR, bersamaan dengan suara sirine. Beberapa orang berlarian keluar dari gedung itu. Ada juga yang teriak, "kebakaran" sambil menerabas asap.

Edison Manurung dari Komite Masyarakat Danau Toba salah satu yang panik. Dia sedang ada acara di lantai 9 gedung ini bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo. Saat acara berlangsung, dia melihat asap. Ajudan dan protokoler meminta rombongannya meninggalkan lokasi.

"Awal mulanya, saya lihat asap dari lantai 9, jadi sama ajudan tadi, sama protokol, terus saya bilang, turun-turun ada kebakaran itu," kata Edison.

Asap mengepul di gedung Nusantara III DPR (Foto: Gabriella Thesa Widiari)

Seluruh pimpinan DPR dievakuasi, termasuk Ketua DPR Puan Maharani. Dia dibawa ke tempat yang lebih aman. Selain Puan, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah juga tampak dievakuasi.

Berdasarkan informasi dari Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, asal mula api diketahui di lantai 2, yang menjalar hingga lantai 8. Sedangkan, penyebab munculnya api masih dalam penanganan petugas. 

Mobil pemadam bersiaga di gedung DPR (Foto: Gabriella Thesa Widiari)

Sebanyak 11 mobil unit pemadam kebakaran masih berupaya menjinakan api yang dilaporkan pada 12.00 WIB. Kini petugas sedang memfokuskan diri pada mengevakuasi penghuni dan membuat ventilasi untuk membuang asap. (Gabriella Thesa Widiari)