IHSG Rabu Dibuka Menguat, Investor Asing Ramai-Ramai Borong Saham BNI, BCA, dan BRI
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan dibuka menguat pada perdagangan Rabu 3 Februari. Pada pukul 09.10 WIB, IHSG terpantau menguat 0,62 persen atau 37,20 poin ke level 6.081,04.

Terlihat 210 saham menguat, 126 saham melemah, dan 147 saham stagnan. Volume perdagangan 1,75 juta lembar saham dengan nilai transaksi Rp1,62 triliun.

Saham yang paling melesat pagi ini adalah PT Widodo Makmur Unggas Tbk (WMUU) dengan penguatan 21,49 persen. Sementara yang paling anjlok adalah PT Jasnita Telekomindo Tbk (JAST) dengan pelemahan 6,84 persen.

Investor asing mencatatkan pembelian bersih atau net sell di tiga bank besar, yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Rp31,4 miliar, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Rp23,7 miliar, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Rp15,7 miliar.

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini berpeluang mengalami technical rebound, setelah kemarin berfluktuasi dan berakhir melemah sebesar 0,39 persen ke level 6.043.

Analis PT Binaartha Sekuritas, Muhammad nafan Aji Gusta Utama mengatakan IHSG memiliki kisaran support-resistance di level 5.992-6.179.

"Mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG, sehingga indeks berpeluang menuju level resistance terdekat," ucap Nafan dalam risetnya.

Dia mengatakan, adanya potensi pembalikan arah menguat pada laju IHSG tersebut bisa dimanfaatkan investor dengan mengakumulasi pembelian saham PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Ciputra Development Tbk (CTRA), dan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON).