Antisipasi Kebutuhan Masyarakat saat Libur Lebaran, ASDP Ternate Siapkan Lima Kapal
PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ternate, menyiapkan tambahan sebanyak lima unit kapal untuk melayani masyarakat di daerah ini selama liburan lebaran Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023, Rabu (28/6/2023). (Dok. ANTARA)

Bagikan:

TERNATE - Sebanyak lima unit kapal untuk melayani kebutuhan masyarakat selama libur lebaran Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023, telah disiapkan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ternate, Maluku Utara (Malut).

"Untuk mendukung kelancaran angkutan kendaraan dan penumpang selama liburan lebaran, kami mengantisipasi dengan menyiapkan lima unit kapal," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ternate, Justan Gaffaru di Ternate, Rabu.

Walaupun dermaga di Pelabuhan penyeberangan Bastiong di Kecamatan Ternate Selatan itu, saat ini hanya satu yang bisa dioperasikan, karena dermaga yang berada di bagian Utara mengalami kerusakan, akibat ditabrak kapal Ferry pada 10 Mei lalu namun pengelola berupaya maksimal melayani transportasi masyarakat.

Dia mengatakan, untuk angkutan kendaraan dan penumpang melalui Pelabuhan penyeberangan Bastiong, Kota Ternate untuk tujuan Pelabuhan Rum di Kota Tidore Kepulauan, Pelabuhan Sofifi dan Pelabuhan Sidangoli di Kabupaten Halmahera Barat, pada liburan lebaran Idul Adha Tahun 2023 tidak akan terganggu.

"Tradisi masyarakat di Kota Ternate dalam momentum perayaan lebaran baik itu Idul Fitri maupun Idul Adha biasanya mereka bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabatnya ke Kota Tidore Kepulauan atau sebaliknya, yang umumnya mereka membawa kendaraan pribadi, sehingga membutuhkan angkutan kapal Ferry," ujarnya, dikutip ANTARA, Rabu, 28 Juni.

Jika terjadi lonjakan, menurut Justan, pihaknya sudah mengantisipasi satu kapal cadangan yang berukuran besar, sehingga dapat mendukung kelancaran pelayanan selama liburan lebaran.

Dia menyatakan upaya lain yang akan dilakukan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ternate, jika terjadi lonjakan angkutan kendaraan dan penumpang pada liburan lebaran di jalur penyeberangan adalah menambah jumlah trip penyeberangan.

"Terutama untuk jalur penyeberangan dari Ternate tujuan Pelabuhan Kota Tidore Kepulauan, Kota Sofifi dan Pelabuhan Sidangoli dari biasanya enam trip per hari maka menjadi delapan hingga sepuluh trip sesuai dengan kebutuhan," pungkasnya.