Kapasitas RSD COVID-19 Wisma Atlet Hari Ini 77,63 Persen
Wisma Atlet/DOK. Kementerian PUPR

Bagikan:

JAKARTA - Koordinator Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Mayjen TNI Tugas Ratmono menyebut tingkat keterisian tempat tidur perawatan pasien COVID-19 hari ini mencapai 77,63 persen.

Angka keterpakaian ini menurun dari hari kemarin yang mencapai 84,02 persen. Per hari ini, ada 77 orang yang dinyatakan telah sembuh dan selesai menjalani perawatan di Wisma Atlet Kemayoran.

"Di RSD Wisma Atlet ini laporan pagi tadi kita huniannya adalah 77,63 persen. Jadi, dari 5.994 tempat tidur yang tersedia ini terhuni saat ini 4.653 pasien," kata Tugas dalam diskusi di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin, 25 Januari.

Rinciannya, 4.653 pasien yang tengah dirawat terdiri dari 2.445 pria dan 2.208 wanita, semuanya bergejala ringan hingga berat dirawat di tower 4, 5, 6, dan 7, sementara pasien tanpa gejala dialihkan ke tower 8 dan 9 di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara.

"Kemudian ada yang dirujuk ke rumah sakit rujukan setiap harinya karena fasilitas di RSD Wisma Atlet hanya untuk yang ringan dan sedang," ungkap dia.

Meski mengalami penurunan jumlah pasien COVID-19 dengan gejala ringan dan sedang yang dirawat, Tugas menyebut keterisian tempat tidur masih termasuk tinggi.

Bahkan, tidak sedikit pasien yang dirawat di Wisma Atlet meninggal dunia karena mengalami gejala berat dan belum sempat dirujuk di rumah sakit rujukan COVID-19.

"Akhir-akhir ini kasus yang meninggal juga meningkat, kalau dulu satu bulan bisa hanya satu, itu pun karena datang sudah berat, saat ini memang karena kita merujuk ke RS rujukan tidak dapat tempat sebelum dirujuk sudah meninggal," ucap dia.

"Artinya, saat ini kita tidak tahu sebenarnya pasien yang yang ringan sedang atau berat, bisa saja beberapa hari kemudian meninggal. Kita harus jaga bersama," pungkasnya.