ORI019 Resmi Diluncurkan dengan Kupon 5,57 Persen
ORI019 (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan pada hari ini secara resmi merilis Obligasi Negara Ritel seri 19 (ORI019) dengan kupon 5,57 persen.

Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu  Luky Alfirman mengatakan penerbitan ORI19 merupakan bentuk konsistensi pemerintah dalam mewujudkan kemandirian pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Seluruh dana yang terhimpun akan digunakan untuk pembiayaan APBN 2021, termasuk di dalamnya adalah percepatan pemulihan ekonomi dan juga program vaksinasi,” ujarnya dalam pers virtual, Senin, 25 Januari.

Luky menambahkan bahwa masa penawaran ORI19 dimulai hari ini hingga 18 februari mendatang dengan menggandeng 26 mitra pendistribusi yang terhubung 24 jam.

“Kami harap konsistensi penerbitan surat berharga negara (SBN) ini juga dapat membentuk budaya berinvestasi di masyarakat,” tuturnya.

Untuk diketahui, kupon yang ditawarkan oleh ORI19 lebih rendah jika dibandingkan dengan kupon ORI018 yang sebesar 5,7 persen.

Meski demikian, yield ORI019 masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan surat utang negara (SUN) yang sebesar 5 persen.

Adapun, kelebihan ORI019 lain adalah instrumen ini merupakan investasi dengan profil risiko rendah.