Kanada Mulai Vaksinasi Warganya Bulan Ini
PM Kanada Justin Trudeau umumkan progres vaksin (Instagram/@justinptrudeau)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kanada segera menggelar vaksinasi untuk warganya. Vaksin COVID-19 yang dikembangkan Pfizer akan disuntikkan sebelum akhir Desember.

Ratusan ribu dosis vaksin akan tiba di Kanada bulan ini. Jutaan dosis vaksin lain akan menyusul pada awal 2021.

Melansir CNA, Selasa, 8 Desember, pemerintah Kanada mengklaim rencana vaksinasi COVID-19 di tahun ini jadi bukti mereka serius menangani COVID-19. Ini juga dimanfaatkan untuk melawan narasi yang menyebut Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau terlalu lamban.

Kanada, pada Maret telah menyepakati enam juta dosis vaksin dari Pfizer dan Moderna. Jumlah itu diyakini cukup untuk menyuntik tiga juta orang, dengan hitungan satu orang membutuhkan dua dosis vaksin dengan jarak sekitar satu bulan.

Vaksin yang diprediksi datang awal tahun, nyatanya lebih cepat. Trudeau mengatakan 249 ribu dosis vaksin buatan Pfizer-BioNTech SE akan tiba bulan ini. Lainnya, tiga juga dosis lagi akan dikirimkan pada awal 2021.

"Ini merupakan tahun yang sulit, dan kami belum keluar dari krisis ini. Tapi sekarang vaksin sudah datang," kata Trudeau.

Trudeau juga mengungkap regulator kesehatan direncanakan akan menyetujui vaksin Pfizer minggu ini. Hal itu tak lain supaya vaksin COVID-19 dapat didistribusikan kepada mereka yang paling rentan terpapar COVID-19.

Sejauh ini Kanada telah mengonfirmasi 423.057 kasus penularan COVID-19. Di antara itu, terdapat 12.777 kasus meninggal dunia.