Ukraina Sukses Rebut Kendali Penuh Pusat Logistik Rusia
Ilustrasi militer Ukraina. (Sumber: President.gov.ua)

Bagikan:

JAKARTA - Ukraina pada Hari Minggu mengklaim kendali penuh dari pusat logistik timur Lyman, keuntungan medan perang paling signifikan dari Rusia dalam beberapa minggu, bisa menjadi pijakan untuk melakukan serangan lebih jauh ke wilayah timur.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan, perebutan kota itu, di mana bendera Ukraina dikibarkan di atas gedung-gedung sipil pada Hari Sabtu, menunjukkan bahwa Ukraina mampu mengusir pasukan Rusia, serta efek penyebaran senjata canggih Barat oleh Ukraina terhadap konflik tersebut.

Sementara, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, keberhasilan tentara negara itu tidak terbatas pada merebut kembali Lyman, melansir Reuters 3 Oktober.

Kemunduran menyengat bagi Presiden Rusia Vladimir Putin, disampaikan setelah ia memproklamirkan pencaplokan empat wilayah yang mencakup hampir seperlima Ukraina pada Hari Jumat, sebuah wilayah yang mencakup Lyman. Kyiv dan Barat telah mengutuk proklamasi sebagai lelucon tidak sah.

Tak hanya itu, Ia juga menyebut pasukan Ukraina telah membebaskan pemukiman kecil Arkhanhelske dan Myrolyubivka di wilayah Kherson.

Adapun militer Ukraina mengatakan dalam pernyataan malamnya pada hari Minggu, pasukannya telah memukul mundur kemajuan Rusia di beberapa daerah, khususnya di wilayah Donetsk dekat Bakhmut dan Spirne, tepat di dalam wilayah Donetsk dekat Lysychansk.

Terpisah, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Hari Sabtu, pihaknya menarik pasukan keluar dari daerah Lyman "sehubungan dengan penciptaan ancaman pengepungan".

Tidak disebutkan Lyman dalam pembaruan hariannya tentang pertempuran di Ukraina pada Hari Minggu.

Diketahui, Pasukan Rusia merebut Lyman dari Ukraina pada Mei, menggunakannya sebagai pusat logistik dan transportasi untuk operasinya di utara wilayah Donetsk. Penangkapannya kembali oleh pasukan Ukraina adalah kerugian medan perang terbesar Rusia sejak serangan balasan kilat Ukraina di wilayah timur laut Kharkiv pada bulan September.

Kontrol atas Lyman dapat membuktikan "faktor kunci" dalam membantu Ukraina merebut kembali wilayah yang hilang di wilayah tetangga Luhansk, yang penangkapan penuhnya diumumkan Moskow pada awal Juli setelah berminggu-minggu bergerak maju, kata gubernur Luhansk Serhiy Gaidai.

Pentingnya operasional Lyman adalah karena komandonya atas sebuah jalan yang melintasi Sungai Donets Siverskyi, di mana Rusia telah berusaha untuk mengkonsolidasikan pertahanannya, kata Kementerian Pertahanan Inggris.