Kementerian PUPR Segera Revitalisasi Jembatan Jurug B Solo
Jembatan Jurug B Solo, Jateng, yang tengah direvitalisasi. ANTARA/Aris Wasita

Bagikan:

SOLO - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera merevitalisasi Jembatan Jurug B Solo, Jawa Tengah, yang menghubungkan Surakarta dan Karanganyar.

Pelaksana Lapangan Revitalisasi Jembatan Jurug B Amin Jarwono mengatakan saat ini persiapan revitalisasi Jurug B sudah dimulai dengan pemasangan pagar pengaman proyek.

Untuk pekerjaan yang telah dilakukan sejak 6 Agustus, diperkirakan selesai pada 17 September 2022. Sedangkan, untuk proses revitalisasi diperkirakan berlangsung selama satu tahun, yakni mulai dari 18 September 2022-5 Agustus 2023.

Selama pengerjaan tersebut, arus lalu lintas kendaraan yang melintasi jembatan Jurug B dari arah Solo menuju ke Karanganyar maupun sebaliknya ditutup total. Sebagai gantinya, pengendara bisa menggunakan Jembatan Jurug C untuk dua arah.

"Kalau untuk pembongkaran jembatan lama kami jadwalkan dilakukan selama 18 September-19 November," katanya dilansir ANTARA, Kamis, 8 September.

Sedangkan, untuk pembangunan konstruksi Jembatan Jurug B baru akan dimulai pada 6 November 2022-1 Juli 2023. Selanjutnya, pekerjaan oprit jembatan dimulai 12 Maret-15 April 2023.

Setelah seluruhnya selesai, pekerjaan masuk pada proses pengaspalan yang merupakan bagian akhir dari revitalisasi Jembatan Jurug B.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Kota Surakarta juga melakukan manajemen rekayasa lalu lintas. Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surakarta Ari Wibowo mengatakan sudah menyiapkan dua posko di sekitar titik kemacetan.

Dia mengatakan posko tersebut akan dijaga oleh petugas gabungan untuk mengatur arus lalu lintas jika terjadi kepadatan di jam-jam tertentu.