Cuaca Buruk, Kapal Wisata di Labuan Bajo Diminta BPBD Dilarang Berlayar
Puluhan kapal wisata berlabuh di sekitar pelabuhan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (ANTARA/Benny Jahang)

Bagikan:

KUPANG - Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur (NTT_ meminta agar otoritas pelabuhan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai untuk tidak mengizinkan kapal-kapal wisata berlayar mengangkut wisatawan saat cuaca buruk guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut.

"Kami sudah minta BPBD Kabupaten Manggarai Barat agar berkoordinasi dengan otoritas pelabuhan Labuan Bajo agar tidak mengizinkan kapal-kapal wisata berlayar saat terjadi cuaca buruk seperti terjadi saat ini," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur, Ambrosius Kodo dilansir Antara, Senin, 4 Juli.

Dia menjelaskan, peristiwa kecelakaan kapal wisata telah beberapa kali terjadi di wilayah perairan Komodo saat wilayah itu mengalami cuaca buruk.

Apabila terjadi cuaca buruk sebaiknya tidak mengizinkan kapal-kapal wisata untuk melakukan pelayaran karena sangat berisiko berlayar dalam kondisi cuaca yang buruk.

"Kita ingin wisatawan berwisata dengan aman. Apabila cuaca buruk tidak memaksakan diri berlayar ke lokasi-lokasi wisata di kawasan wisata Pulau Komodo," kata Ambrosius Kodo.

Ketegasan pihak-pihak terkait di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat sangat dibutuhkan dengan tidak memberikan izin terhadap kapal-kapal berlayar saat cuaca buruk sehingga bisa meminimalisir adanya kasus kecelakaan laut yang menimpa wisatawan.

Dia berharap pengawasan aktivitas kapal-kapal wisata yang mengangkut wisatawan di Labuan Bajo lebih diperketat.

Pada pekan lalu terjadi dua kecelakaan laut di perairan Komodo satu kapal yang mengalami kecelakaan di wilayah perairan Pulau Kambing, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (30/6) malam.

Sebelumnya satu kapal dengan 24 wisatawan mengalami kecelakaan di perairan Pulau Kambing pada Selasa (28/6) mengakibatkan dua wisatawan meninggal dalam dunia karena tenggelam dalam kecelakaan kapal wisata itu.