Keras Jika Kader PDIP Terlibat Korupsi, Megawati: <i>Get Out</i>! Daripada Merusak Partai
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri saat berpidato dengan latar belakang lukisan sang ayah, Soekarno (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri telah memperingatkan seluruh kader partainya tak terlibat dalam praktik korupsi. Bahkan, siapapun yang korup bakal dipecat dari keanggotaannya.

Hal ini disampaikan Megawati pada video yang ditayangkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di acara Politik Cerdas Berintegras di Gedung ACLC KPK, Rasuna Said, Jakarta Selatan pada hari ini, Senin, 27 Juni.

"Betapa malunya kalian itu (jika korupsi, red), seumur hidup di sini tercoreng, anak-istri, kalian enggak kasian? Enggak kasian ya sama turunan," kata Megawati dalam video yang diputar tersebut.

"Saya bilang jangan korupsi, masih aja ada korupsi, get out! Keluar kamu daripada merusak partai kita," imbuh Presiden ke-5 RI itu.

Lewat video tersebut, ada sejumlah program yang telah dilaksanakan PDIP untuk mencegah terjadinya praktik korupsi. Salah satunya, adalah pendidikan politik untuk melahirkan pemimpin yang bermoral dan beretika baik.

Adapun dalam program tersebut, tiap calon pengurus partai hingga kepala daerah serta anggota legislatif wajib menjalankan psikotest dan sekolah partai.

Tak hanya itu, para kader yang merupakan penyelenggara negara juga diwajibkan untuk melaporkan harta kekayaan pada partai.

Dalam video itu juga disebutkan bahwa setiap kader PDIP yang berstatus tersangka korupsi tidak bisa dicalonkan sebagai calon kepala daerah, wakil kepala daerah, dan anggota legislatif.

"Siapa berbuat itu (korupsi, red), pecat! Keluarkan dia dari PDI Perjuangan!" ucap Mega sebelum video itu berakhir.