Lebaran H+5, 8.000 Penumpang Kereta Api dari Cirebon Menuju Jakarta
Suasana di stasiun kereta api Cirebon, Jawa Barat/ Foto: Antara

Bagikan:

CIREBON – Sebanyak 8.000 lebih penumpang kereta api dari Cirebon menuju Jakarta dan sekitarnya. Data tersebut diungkap oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat.

"Hari ini ada 8.000 lebih penumpang yang naik dari stasiun berada di wilayah Daop 3 Cirebon," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Suprapto di Cirebon, sebagaimana diberitakan Antara, Sabtu, 7 Mei.

Menurut Suprapto, jumlah tersebut memang masih tergolong cukup tinggi, meskipun puncak keberangkatan penumpang di Daop 3 Cirebon telah terjadi pada Kamis, 5 Mei dengan total lebih dari 9.000 penumpang.

Suprapto melanjutkan, lonjakan penumpang arus balik di Daop 3 Cirebon terjadi sejak H+1 Lebaran, di mana setiap harinya tidak kurang dari 6.000 penumpang yang naik kereta api.

Untuk itu, KAI Cirebon telah mengoperasikan enam KA Argo Cheribon dan satu KA Ciremai, untuk mengakomodir antusias masyarakat.

"Kami juga sudah mengoperasikan enam KA Argo Cheribon per Tanggal 4 Mei kemarin," tuturnya.

Suprapto menambahkan secara total perjalanan KA yang beroperasi pada masa arus balik di wilayah Daop 3 Cirebon terdapat 115 KA.

Jumlah tersebut terdiri dari pemberangkatan awal Daop 3 Cirebon sebanyak 10 KA, dan 105 KA yang melintas di Daop 3 Cirebon.

"Penambahan kereta api ini untuk melayani para penumpang yang ingin menggunakan transportasi KA," katanya.