IHSG Rabu Dibuka Menguat, Analis Rekomendasikan Saham XL Axiata dan Indosat
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan Rabu 16 September. IHSG dibuka menguat 0,23 persen atau 11,94 persen ke level 5.112,80.

Membuka perdagangan, 58 saham menguat, 29 saham melemah, dan 72 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 60,97 juta lembar dan ditransaksikan senilai Rp55,14 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan berbalik menuju target resistance terdekat di level 5.233, setelah kemarin terkoreksi cukup dalam sebesar 1,18 persen ke posisi 5.100.

"IHSG sedang berupaya untuk mempertahankan level support terdekat di posisi 4.975, sedangkan target resistance yang akan digapai berada di level 5.233," ujar Nafan dalam risetnya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, potensi terjadinya technical rebound pada laju IHSG tersebut bisa dimanfaatkan investor dengan mengakumulasi pembelian saham PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT XL Axiata (EXCL), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), dan PT Indosat Tbk (ISAT).

Perkiraan senada dikatakan analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi. Ia menuturkan, secara teknikal, pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini masih berpotensi melanjutkan penguatan, dengan support-resistance di level 5.020-5.150.

Lanjar mengatakan, secara teknikal, IHSGmasih memiliki ruang untuk melanjutkan pola kenaikan. Adapun saham-saham yang Lanjar rekomendasikan adalah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN), PT Bank Danamon Tbk (BDMN), PT Medco Energy Tbk (MEDC), PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS), dan PT PP (Persero) Tbk (PTPP).