Begini Tampilan Rumah yang Rusak Akibat Guncangan Kuat 5 Detik Gempa Banten
Foto via BNPB

Bagikan:

JAKARTA - Terjadi gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,7 pada pukul 16:05:41 WIB di Banten hari ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa bumi itu berada di 7.01 LS dan 105.26 BT Kabupaten Pandeglang pada kedalaman 10 meter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang melaporkan gempa dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Warga sempat berhamburan keluar rumah saat merasakan kuatnya guncangan," kata Plt. Kapusdatinkom Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Jumat, 14 Januari.

BPBD Kabupaten Pandeglang juga melaporkan beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan di bagian atap dan teras rumah.

Sementara itu, Kepala BPBD Banten Nana Suryana mengatakan, pihaknya masih melakukan kordinasi dengan petugas BPBD di wilayah Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang.

"Kami masih mendata, khawatir ada kerusakan dan lainnya," kata Nana dalam keterangan terpisah.

Gempa juga dirasakan warga Kota Serang dan sekitarnya dan getarannya cukup kuat. Getaran juga dirasakan di Jakarta, Bogor, Depok, Cianjur, hingga Bandung.