Petani di Aceh Barat Bisa Tersenyum Senang, Pemkab Bagikan Bantuan 275 Ton Pupuk NPK, Gratis!
Bupati Aceh Barat H Ramli MS (kanan) menyalurkan bantuan pupuk NPK (ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura menyalurkan bantuan berupa 275 ton pupuk NPK, yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani di 12 kecamatan di daerah ini.

"Penyaluran bantuan pupuk secara gratis ini bertujuan untuk meningkatkan produksi padi petani di Aceh Barat,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Barat Safrizal, Antara, Senin, 10 Januari. 

Bantuan pupuk NPK 16-16-16 kepada kelompok tani padi di Aceh Barat berada di bawah binaan Balai Penyuluhan Pertanian kabupaten setempat, bersumber dari anggaran Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Tahun Anggaran 2021.

"Penerima bantuan pupuk ini adalah kelompok tani padi sawah yang menanam padi di musim gadu 2021 lalu,” kata Safrizal menambahkan.

Menurutnya, penyaluran pupuk sebanyak 275.000 kilogram (275 ton) tersebut diperuntukkan untuk luas lahan sawah seluas 4.400 hektare tersebar di Kabupaten Aceh Barat.

Ia mengatakan, program bantuan ini merupakan salah satu wujud komitmen Bupati Aceh Barat H Ramli MS, untuk menjadikan Kabupaten Aceh Barat menjadi kawasan mandiri pangan.

"Bantuan tersebut juga diharapkan dapat mengurangi ketergantungan masyarakat Aceh Barat, terhadap pasokan sumber pangan dari luar daerah," demikian Safrizal.