Ada Dua Warga di Menteng Terpapar Omicron, Baru Pulang dari Luar Negeri
ILUSTRASI

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Puskemas Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat Rusmala Dewi menyebut, pihaknya telah menemukan dua orang warga positif COVID-19 varian Omicron di dua kecamatan, yakni Menteng dan Cempaka Putih.

"Iya ada satu warga, saat ini yang bersangkutan sudah berada di Wisma Atlet Kemayoran. Sebelumnya dia karantina mandiri di apartemen Freezer, Kebon Sirih," kata Kepala Puskemas Kecamatan Menteng, Rusmala Dewi saat dihubungi wartawan, Senin 10 Januari.

Kasus varian Omicron tersebut berada di wilayah elite Menteng yang notabene sebagai kawasan kalangan atas. Bahkan, temuan itu diketahui setelah ada salah satu warga yang baru pulang dari Benua Eropa.

Rusmala menjelaskan, adanya kasus varian Omicron di wilayahnya berawal dari adanya aduan dari pihak apartemen Freezer bahwa ada yang terpapar COVID - 19. Mendapati adanya temuan tersebut, pihak puskemas kecamatan langsung melakukan tracing.

"Kalau keterangan yang saya dapat, itu warga baru pulang dari luar negeri. Terus melakukan karantina mandiri di sana 10 hari. Setelah keluar dari sana, ternyata mulai menunjukan gejala dan langsung di swab. Hasilnya positif varian Omicron," ujarnya.

Mendapati adanya temuan kasus tersebut, pihak puskemas kecamatan Menteng langsung melakukan tracing terhadap karyawan apartemen. Hasil tracing tersebut guna mengetahui apakah ada karyawan yang terpapar atau tidak.

"Ada 50 orang sudah kita swab test, hasilnya tidak ada yang terpapar," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapuskes Kecamatan Cempaka Putih, Murni L. Naibaho membenarkan jika kasus COVID-19 varian Omicron juga ditemukan di wilayahnya. Sebelumnya, Hotel C - one diketahui sebagai tempat karantina masyarakat yang baru pulang dari luar negeri.

"Kalau jumlah yang kena omicron saya tidak tahu tepatnya berapa yang jelas banyak juga yang kena. Semuanya sudah dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran," ucapnya kepada wartawan.