Prakiraan Cuaca BMKG: Waspada Hujan Disertai Petir di Sejumlah Wilayah Indonesia
Hujan deras disertai petir di Kota Ternate, Maluku Utara pada Jumat, 17 Desember (Foto: Abdul Fatah/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini atas potensi terjadinya hujan disertai kilat/petir, di sejumlah wilayah Indonesia, pada Selasa, 4 Januari.

Berdasarkan informasi peringatan dini yang dipantau dalam laman www.bmkg.go.id, di Jakarta, Senin, 3 Januari malam, wilayah yang diprakirakan terjadi hujan disertai petir yakni Aceh, Riau, Sumatera, Jambi, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Gorontalo, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

Di Aceh, BMKG memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Gayo Lues, Aceh Timur, Lhokseumawe, Bireuen, Aceh Utara, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, dan sekitarnya.

Untuk Riau hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis pada sore atau malam dan dini hari.

Di Sumatera Utara, hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah pantai timur, lereng timur, pegunungan dan pantai barat yang dapat mengakibatkan banjir, dan longsor.

Di Sumatera Selatan potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada siang-sore hari di wilayah OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir, Muara Enim, Prabumulih, PALI, Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Musi Banyuasin. Sedangkan pada malam hingga dini hari berpotensi terjadi di wilayah OKI, Ogan Ilir, Muara Enim, Prabumulih, PALI, Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang.

Di Jambi potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Batanghari, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tebo, Kabupaten Muaro Jambi, Kota Jambi, Kabupaten Merangin, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada malam dan dini hari.

Di Bengkulu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/guruh dan angin kencang sesaat berpotensi terjadi di wilayah kabupaten Bengkulu Utara, Seluma, dan Muko-Muko.

Di Lampung, potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di Tuba, Lampura, Lambar, Lamteng, Pesibar, Way Kanan, Tubabar, Mesuji, pada siang, malam dan dini hari.

Untuk Jawa Barat, potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir pada sore hingga malam hari di Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Sukabumi.

Jawa Timur potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore hari di wilayah Kota Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

Di Bali, potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di Bali bagian tengah dan timur serta potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di Samudra Hindia Selatan Bali.

Kalimantan Barat, potensi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah Kabupaten/Kota: Sanggau, Melawi, Sanggau, Kapuas Hulu, Sambas, Bengkayang, Landak, Sekadau dan Sintang.

Kalimantan Selatan, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang/sore hari di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru, serta pada malam hingga dini hari di wilayah Kabupaten Balangan dan Tabalong.

Kalimantan Tengah, potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Timur, Seruyan, Katingan, Gunung Mas, Kapuas, Palangka Raya, Murung Raya dan Barito Utara. BMKG juga meminta masyarakat Kalteng waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, kilat/petir dan pohon tumbang.

Kalimantan Timur, potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir pada pagi hari di wilayah Babulu, Kelay, Bengalon, Batu Ampar, Kongbeng, Muara Ancalong, Penajam, Bongan, Muara Pahu, Muara Muntai, Sebulu, Muara Wahau, Tanah Grogot. Serta pada siang hari di wilayah Sangatta.

Kalimantan Utara, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada sore dan malam hari di wilayah Pujungan, Sungai Boh, Kayan Hilir, Malinau Selatan Hilir, Malinau, Bahau Hulu, Krayan, Krayan Selatan, Malinau Selatan Hulu, Malinau Selatan, Tulin Onsoi dan sekitarnya.

Gorontalo, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Boliyohuto, Tilamuta, dan Asparaga.

Maluku, hujan sedang disertai petir berpotensi terjadi di Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku Tengah, Maluku Barat Daya.

Maluku Utara, potensi hujan sedang hingga lebat di sertai petir dan angin kencang di wilayah Maba, Buli, Weda, Wasile, Subaim, dan sekitarnya pada siang atau sore hari.

Sementara itu di Sulawesi Barat, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi hingga siang hari di wilayah Kabupaten Mamuju (Mamuju, Sampaga dan Kalukku) dan Mamuju Tengah.

Sulawesi Tengah, berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang dan malam hari di wilayah Kota Palu, Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Sulawesi Tenggara, berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang pada siang hari di wilayah Konawe Utara, Kolaka, dan Kolaka Utara.

Sulawesi Utara, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Manado, Tomohon, dan Minahasa.

Nusa Tenggara Barat, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima, dan Dompu pada siang hingga dini hari.

Nusa Tenggara Timur, potensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Flores Timur, Sikka, Lembata, Alor, Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Belu, TTU, Malaka, TTS, Kabupaten Kupang, Kota Kupang.

Papua, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah pegunungan tengah Papua.

Papua Barat, potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Tambrauw, Manokwari, Manokwari Selatan, Raja Ampat, Fakfak, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama.