Biar Mandiri, Warga Lapas Atambua NTT Belajar Budidaya Ayam, Hari Ini Sudah Panen 2.214 Ekor
WBP lapas Atambua panen ayam Broiler di Atambua. ANTARA/HO

Bagikan:

KUPANG - Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Atambua, Kabupaten Belu NTT memanen 2.214 ekor ayam broiler di lingkungan Lapas setelah dipelihara selama 35 hari.
 
Kepala Lapas Atambua, Edwar Hadi mengatakan, budi daya ayam broiler tersebut sebagai salah satu kegiatan pembinaan kemandirian dalam bidang peternakan yang dikerjakan oleh dua narapidana asimilasi luar.
 
"Panen tadi dilaksanakan bersama PT Mitra Sinar Jaya sebagai kolektor panen ayam," katanya di Atambua dilansir dari Antara, Jumat, 26 November.
 
Ia menjelaskan bahwa selanjutnya, PT. Mitra Sinar Jaya akan secara langsung mendistribusikan serta memasarkan ayam-ayam tersebut.
 

 
Kalapas Hadi berharap pelaksanaan panen ayam yang dilaksanakan dapat meningkatkan PNBP dan memberikan pengalaman kerja yang berkompeten bagi para narapidana asimilasi luar tembok khususnya pembinaan di bidang peternakan.
 
Kelak ketika sudah keluar dari lapas, warga binaan itu dapat meningkatkan ekonomi keluarganya dengan cara beternak ayam sesuai dengan yang sudah diajarkan.
 
"Diharapkan dapat melanjutkan usaha budi daya ini ketika bebas nanti sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi keluarga serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar," pintanya.
 
Selain dalam hal beternak, Lapas Atambua juga melatih warga binaan untuk membudidayakan semangka yang sudah sudah pernah panen.