Sedang Direnovasi, Istiqlal Tak Sediakan Lahan Parkir bagi Jemaah Katedral
Kawasan Masjid Istiqlal. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Masjid Istiqlal tak bisa sediakan kantong parkir untuk pengunjung Gereja Katedral yang merayakan Natal di tahun 2019. Biasanya, Istiqlal selalu menyediakan lahan parkir bagi umat Kristiani.

Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah menjelaskan, alasan pihaknya tak bisa sediakan lahan parkir karena kawasan Istiqlal sedang direnovasi. Renovasi Istiqlal diperkirakan baru selesai pada Maret 2020.

"Tahun ini Istiqlal kan lagi direnovasi. Jadi, saudara-saudara yang ingin ibadah di Katedral, tidak bisa parkir kendaraan di Istiqlal," ujar Abu saat dikonfirmasi, Kamis, 19 Desember.

Lahan parkir Istiqlal saat ini digunakan untuk meletakkan kendaraan-kendaraan berat proyek renovasi. Sejak jauh-jauh hari, Abu sudah menyampaikan kabar ini kepada pengelola Katedral. Pihak Katedral juga sudah mengecek langsung kondisi renovasi Istiqlal.

"Kami sudah kasih tahu jauh-jauh hari ke mereka. Pas hari Sumpah Pemuda kan kami kepanitiaan bersama, mereka sudah tahu sendiri, mereka lihat langsung proyeknya di Istiqlal," jelas dia.

Meski begitu, Abu mempersilakan kepada pengunjung Katedral yang ingin memanfaatkan kamar mandi dan beristirahat. Mereka bisa masuk ke dalam Istiqlal lewat satu pintu yang terletak di dekat Stasiun Juanda. 

"Natal itu kan ada beberapa kali kebaktian, yang datang duluan mungkin mau beristirahat bisa di Masjid sambil nunggu jam kebaktiannya," ungkap Abu. 

Terpisah, Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat Harlem Simanjuntak mengimbau agar pengunjung Katedral memanfaatkan lahan parkir lain yang telah disediakan. Mengingat, dapat dipastikan lahan parkir Katedral tak bisa menampung seluruh jemaat. 

"Untuk lokasi parkir alternatif antara lain Kawasan Lapangan Banteng, Kantor Pos Pasar Baru, dan Hotel Borobudur," kata Harlem.

Sebagai informasi, Katedral mengumumkan jadwal Misa Malam Natal 2019 pada hari Selasa, 24 Desember yakni pukul 16.30 WIB, 19.30 WIB, dan 22.00 WIB. Pada hari Rabu, 25 Desember, Misa Hari Natal ditetapkan pada pukul 07.00 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, dan 17.00 WIB.