Sergio Ramos, Manusia 43 Laga di <i>El Clasico</i>
Sergio Ramos dan Florentino Perez (Twitter @Real Madrid)

Bagikan:

JAKARTA - Laga sarat gengsi El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid digelar di Camp Nou, Rabu, 19 Desember malam. Sayang, laga tersebut berakhir dengan skor kaca mata alias 0-0. Tapi, ada rekor yang tercipta dalam laga tersebut. Apa itu?

Sergio Ramos memegang rekor personal dalam laga El Clasico. Sang kapten menjadi pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah pertemuan Barcelona kontra Real Madrid dengan torehan 43 kali. Dia melampaui Manolo Sanchis, Francisco Gento, dan Xavi (42).

Pemain internasional Spanyol itu juga bermain bagus dalam laga tersebut meski mendapatkan kartu kuning. Ia mengagalkan upaya Lionel Messi di babak pertama ketika kedua klub menciptakan sejumlah peluang untuk mencetak gol.

Namun terlepas dari hasil akhirnya, dan Real Madrid tetap berada di posisi kedua di tabel La Liga, bek veteran itu senang dengan kinerja timnya selama 90 menit pertandingan. Sang kapten mencoba menanggapi secara positif hasil tersebut. 

"Ketika Anda tidak menang, Anda tidak bisa senang, tetapi hasil positif di sini (Camp Nou) selalu positif," katanya kepada wartawan setelah pertandingan, seperti dilaporkanThe Guardian.

"Saya merasa kami pantas mendapatkan yang lebih dari pertandingan ini, dan hari ini kami telah melihat tim Real Madrid dengan kepribadian nyata," lanjut Ramos.

Sang kapten mengaku, bermain di Camp Nou selalu sulit. Tetapi Madrid bermain bagus dan menyebabkan masalah bagi Barca.

"Kami lebih terkontrol dibandingkan di El Clasico sebelumnya dan tidak membuat banyak kesalahan," jelas dia.

Ramos melanjutkan, pelatih Zinedine Zidane menerapkan taktik untuk memberi tekanan kepada Los Blaugrana sejak awal. Los Blancos melakukannya dengan baik.

"Kami berada dalam bentuk yang sangat positif saat ini, dan kami bisa saja mendapat dua penalti hari ini dan memenangkan pertandingan."

"Tapi kami pergi dari sini dengan senyum di wajah kami," pungkas Ramos.

Real Madrid akan mengakhiri tahun 2019 dengan pertandingan kandang melawan Athletic Bilbao. Mereka akan kembali ke laga La Liga setelah jeda musim dingin dengan bertandang ke Getafe sebelum melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk Piala Super Spanyol.