Menanti Akhir Cerita Perburuan Pelatih Arsenal

Menanti Akhir Cerita Perburuan Pelatih Arsenal

Miker Arteta (Twitter @WorldwideAFC)

Bagikan:

JAKARTA - Perburuan Arsenal untuk pelatih baru permanen mendekati kata akhir. Mikel Arteta memegang pole position untuk menggantikan Unai Emery setelah mantan pemain 'The Gunners' itu melakukan pertemuan dengan dua petinggi klub; Vinai Venkatesham dan Huss Fahmy.

Nyaris tiga pekan sejak Emery meninggalkan posisinya di Emirates. Pengganti sementara, Freddie Ljungberg hanya mampu meraih satu kemenangan dari lima laga di semua ajang sejak pria Spanyol pergi dari klub.

Musim panas lalu, Arteta menjadi target Arsenal yang baru ditinggal Arsene Wenger. Kini, setelah menyadari pilihan mereka terhadap Emery sebuah kekeliruan, klub Gudang Peluru kembali mengarahkan pandangan kepada mantan kaptennya.

Mengacu pada The Athletic, Arteta yang paling favorit untuk mendapatkan pekerjaan utama di Emirates. Meski demikian, nama-nma besar lain seperti Carlo Ancelotti, Mauricio Pochettino, dan Patrick Vieira juga menjadi pertimbangan klub. Bersama manajer Belgia, Roberto Martinez.

Laporan tersebut mengklaim, hirarki 'The Gunners' akan menentukan daftar terakhir dari dua atau tiga nama kepada perusahaan induk pemilik Arsenal, Kroenke Sports & Entertainment sebelum keputusan akhir dibuat. Namun, saat ini, mereka memiliki kepercayaan penuh terhadap Ljungberg untuk mengepalai tim di saat proses perekrutan berlanjut.

Kabar Terakhir Niko Kovac dan Marcelino

Melansir Goal, mantan pelatih Bayern Munchen Niko Kovac mengatakan kepada Arsenal dirinya tertarik menggantikan Emery sebagai pelatih kepala.

Pria Kroasia akan menghadiri pertandingan Liga Premier antara 'The Gunners' versus West Ham pada Senin malam mendatang, tapi menurut orang-orang di sekitar Kovac kabar tersebut tidak benar. Seperti dilaporkan kantor berita Jerman DPA yang berbunyi: "Omong kosong, Niko tidak tertarik (melatih klub Inggris) pada saat ini, dia ingin mengambil cuti."

Sementara itu mengacu pada ESPN, mantan pelatih Valencia Marcelino sudah melakukan pembicaraan dengan Arsenal terkait jabatan pelatih. Dia sangat membuka diri untuk menerima pekerjaan itu jika diberi tawaran.

Namun, pemahaman bahasa Inggris Marcelino yang minim membuat klub ragu. Apalagi berkaca pada kesulitan Emery berkomunikasi dengan para pemainnya. Untuk itu, dewan Arsenal kemungkinan besar benar-benar beralih kepada Arteta.

Laporan itu juga mengklaim, Marcelino telah memberikan penilaian terhadap skuat Arsenal dan percaya 'The Gunners' memiliki serangan yang kuat. Tapi, secara umum, merupakan tim yang tidak seimbang.

Selain nama-nama di atas, ada juga nama Paulo Sousa, Carlo Ancelotti, Vitor Pereira, dan Nuno Espirito Santo. Namun Arteta lebih dari siap untuk mengambil pekerjaan di Emirates ketimbang siapa pun dalam daftar nama tersebut.

Melansir The Mail, Josh Kroenke - putra dari owner klub, Stan - akan bertemu Arteta untuk sesi wawancara terakhir sebelum ditunjuk sebagai pelatih Arsenal. Arteta harus bisa memberi kesan pada Kroenke sebelum kepindahannya disahkan.

Laporan tersebut mengklaim, sebagai bagian dari negosiasi, Arteta juga membahas staf apa yang akan ia bawa, serta calon pemain yang bisa ditargetkan oleh Arsenal pada Januari. Sejauh ini, Rodolfo Borrell dan mantan asisten pelatih Manchester City Domènec Torrent adalah nama favorit yang bakal bergabung dalam staf kepelatihan Arteta.

Lebih jauh The Mirror mengklaim, Arteta akan menandatangani kontrak berdurasi tiga setengah tahun di Stadion Emirates. Kesepakatan akan diresmikan dalam 48 jam ke depan.