Patung Ibrahimovic yang Kembali Jadi Sasaran Dendam Fans Malmo

Patung Ibrahimovic yang Kembali Jadi Sasaran Dendam <i>Fans</i> Malmo

Zlatan Ibrahimovic (Twitter @LAGalaxy)

Bagikan:

JAKARTA - Patung Zlatan Ibrahimovic di Swedia dirusak lagi. Pada bagian kakinya terlihat bekas goresan mata gergaji. Polisi lalu membangun pagar di sekitarnya untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Patung Ibrahimovic di luar stadion Malmo dibakar bulan lalu, sebagai reaksi nyata terhadap mantan striker LA Galaxy yang menjadi pemilik sebagian saham klub rival, Hammarby.

Pemain berusia 38 tahun ini memulai kariernya di Malmo dan merupakan pencetak gol terbanyak Swedia dengan 62 dalam 116 pertandingan. Dia dihormati dengan sebuah patung pada bulan Oktober, namun kemudian dirusak oleh beberapa orang setelah dia mengambil hampir 25 persen saham di klub Stockholm Hammarby.

Seorang juru bicara kepolisian Malmo mengatakan kepada BBC, pengacau telah menempatkan tali di leher patung pada Kamis, 12 Desember dini hari dan mencoba untuk menggergaji bagian kakinya.

"Ada risiko sekarang (patung tersebut) bisa jatuh dan kami telah menempatkan pagar di sekitarnya," kata juru bicara itu. Melansir MailSport, Jumat.

Pendukung Malmo telah memulai petisi online untuk memindahkan patung itu. Sementara  Kaveh Hosseinpour, wakil ketua kelompok pendukung resmi klub, mengatakan setelah serangan pertama, Ibrahimovic adalah seorang pengkhianat.

"Dia pada dasarnya mengkhianati kami, dan kemudian dia datang dengan pedang dan memenggal kepala kami," kata Hosseinpour.

Patung itu, lanjut dia, benar-benar tidak berharga lagi sekarang dan hanya sepotong sampah. Cara terbaik untuk menyelesaikan masalah itu adalah dengan mencopot dan meletakkannya di suatu tempat di Stockholm. 

"Setiap pertandingan yang kami jalani, kami akan melewati Zlatan dan mengetahui bahwa ada patung investor di Hammarby, bukan patung pemain sepak bola Zlatan Ibrahimovic lagi."

Kaveh Hosseinpour

Mantan pemain Manchester United, Juventus, Barcelona dan Paris Saint-Germain saat ini bersatus bebas transfer setelah meninggalkan LA Galaxy yang dibelanya selama dua musim.

Selama waktunya di MLS, ia mencetak 52 gol dan membuat lebih dari 17 assist dalam 53 laga awal untuk Galaxy dan memenangkan MLS Newcomer of the Year pada tahun 2018 dan dua kali dipilih untuk MLS Best XI.

Ibrahimovic menghasilkan pendapatan sebesar 7,2 juta dolar AS musim lalu, menurut basis data gaji para pemain MLS. Dia menghasilkan  1,5 juta dolar AS pada tahun 2018.