Permintaan Penggemar pada System Of A Down yang Belum Rilis Album Lagi
System Of A Down (twitter @systemofadown)

Bagikan:

JAKARTA - Serj Tankian ingin membagikan lagu-lagu System Of A Down (SOAD) yang belum pernah dirilis kepada para penggemarnya. Band ini merilis album terakhirnya; Mesmerize dan Hypnotize pada tahun 2005 silam.

Meski SOAD beberapa kali masuk studio sejak mereka menyatakan vakum pada 2011, tidak ada lagu baru yang muncul ke permukann. Pada 2018, Tankian dkk berusaha menggarap album baru tetapi terganggu oleh perbedaan kreativitas para personelnya.

Sementara itu bassis Shavo Odadjian baru-baru ini mengungkap dalam sebuah wawancara dengan SiriusXM, SOAD memiliki ide untuk lagu baru tapi sejauh ini tidak ada musik apapun yang direkam. Kata dia, jika dirinya seorang pembuat keputusan SOAD tidak akan pernah berhenti dan bisa merekam album kesembilan atau kesepuluh mereka saat ini. 

“Dua tahun yang lalu, kami berkumpul bersama, kami bertiga - minus Serj, karena, pada saat itu, ia fokus pada banyak hal solo - dan kami, seperti, Kami tidak ingin menunggu. Ayo masuk saja dan lihat apa yang bisa kita lakukan. Dan kami masuk dan menulis sekitar 10 atau 11 lagu," kata Odadjian. 

“Materi itu sangat bagus. Ide itu keluar sangat hebat. Dan saya berharap suatu hari kembali ke sana dan menggunakan beberapa materi Serj. Saya tahu Serj punya beberapa materi." 

Ketika ditanya mengapa SOAD tidak dapat menyelesaikan album penuh yang lama ditunggu-tunggu, sang bassis menjawab: “Di dunia saya, kawan, mengapa itu tidak terjadi adalah pertanyaan besar."  

Gitaris dan penulis lagu Daron Malakian lantas menindaklanjuti komentar Shavo dengan mengatakan proyek tersebut tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Kata dia, para personel band memiliki cara berbeda dalam menulis lagu di studio.

"Tidak ada seorang pun di band yang mengatakan, 'Saya tidak bisa berada di ruangan yang sama dengan pria itu.' Tidak seperti itu," katanya.

Kini Tanjian memberi angin segar. Ia memahami keinginan penggemar atas karya baru SOAD dan mengetahui petisi yang menyerukan mereka untuk mengungkap lagu-lagu yang belum pernah terdengar. Dia mengaku tertarik pada ide tersebut tetapi teman-teman bandnya belum tentu punya pemikiran sama.

"Untuk lagu-lagu SOAD yang belum dirilis?" katanya menanggapi penggemar di laman Patreon-nya.

"Ya. Saya mendukung (permintaan) semua (penggemar). (Saya akan mencoba) meyakinkan semua orang (personel)," dia menambahkan. 

Terlepas dari perjuangan ini, SOAD akan kembali ke Inggris musim panas mendatang untuk tampil sebagai headliner di Download Festival. Mereka akan melengkapi line-up acara tersebut bersama KISS dan Iron Maiden.