Menyambut Kembalinya Baek Yerin Melalui Album <i>Every Letter I Sent You</i>
Baek Yerin (Instagram @mu_gung)

Bagikan:

JAKARTA - Solois asal Korea Selatan, Baek Yerin merilis album pertamanya yang bertajuk Every Letter I Sent You. Album yang dirilis melalui label rekaman miliknya, Blue Vinyl, ini merupakan proyek debut Yerin pasca-lepas dari JYP Entertainment setelah terikat selama 12 tahun.

Album Every Letter I Sent You berisi 18 trek yang terbagi dalam dua bagian. Square (2017) yang dipilih sebagai single utama langsung menaiki tangga lagu dan meraih all kill karena mencapai nomor satu di seluruh tangga musik Korea Selatan. Prestasi yang membanggakan untuk Yerin yang datang dari label indie.

Seluruh 18 trek dalam album ini dinyanyikan dalam bahasa inggris kecuali trek berjudul Datoom. Tidak ketinggalan, Yerin menaruh terjemahan bahasa korea untuk para pendengarnya. Lewat unggahan Instagram-nya, Yerin mendeskripsikan album ini sebagai refleksi atas kenangan, dilema, dan proses berpikirnya ketika ia berumur 19 hingga 23 tahun.

“Tanpa menyebut pihak spesifik, saya mengirimkan perasaan saya dalam bentuk lagu-lagu. Dan saya senang saya bisa mengirimkan mereka kepadamu. Album ini adalah cara saya berterima kasih kepada orang-orang yang mencintai dan mendukung perjalanan saya sebagai musisi,” tulis Yerin. 

Every Letter I Sent You didominasi iringan gitar akustik dan piano. Suara lembut Yerin mengalir lembut dalam setiap trek yang kebanyakan ditulis oleh dirinya. Cerita dalam album ini juga bisa dirasakan oleh pendengarnya, misalnya trek pertama Rest. Lagu ini adalah ungkapan Yerin untuk bisa beristirahat di sebuah tempat yang nyaman. Atau coba dengarkan lagu Popo (How deep is our love?) di mana Yerin mengungkapkan kekagumannya kepada seorang pria.

Setelah single Square meraih peringkat pertama di tangga lagu Korea Selatan Yerin kembali menulis ucapan terima kasih atas apresiasi terhadap albumnya. Ia mengaku butuh banyak keberanian untuk menyiapkan album besar dengan dua bagian. Namun, peringkat satu dalam tangga lagu sudah menjadi pencapaian besar untuknya. “Terima kasih untuk melihat perkembanganku.”

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1위 감사합니다. 한국인 최초 영어가사로 1등을 했다고 하눈데 이런건 자랑해도 되는거게쬬...?(오늘만 조곰 ㅠㅠ 자랑할게용..) 다른 곡들도 18곡 차트 진입, 다른 곳에서두 전곡 차트 진입 모두 감사합니다. 사실 2CD로 규모가 큰 앨범을 준비하면서 많은 용기가 필요했는데 옆에서 저를 예뻐해주고 많은 용기를 준 가족들, 세멋소님과 블루바이닐(세상에서 일 제일 잘해주시고 따뜻한 든, 별, 테르언니), 호빈감독님, 뮤비스탭분들!, 구름, 수은, 죠니, 치헌, 은진, 봉연, 정우, 정욱, 무궁작가님, 연뚜언니, 다빈, 기훈, 태훈, 경건님, 연수,민혁(방),언니오빠들, 융스트링 선생님들, 서울스투디오, 루피씨..까지 너무너무 감사합니다. 그리고 마지막으로 제 성장을 지켜봐주시고 기다려주신 팬분들께 감사드립니다

A post shared by @ yerin_the_genuine on

Video musik juga dipersiapkan Baek Yerin untuk penggemar yang merindukannya. Pada 10 Desember, Yerin telah melepas video musik untuk Popo (How deep is our love?) dan 0310. Belum diketahui apakah Yerin akan kembali merilis video musik atau tidak. Yang pasti, masyarakat Korea Selatan dan penggemar Yerin menyambut kembali bermusiknya Baek Yerin.

Beberapa teman musisi mengekspresikan rasa senangnya dengan album terbaru Yerin, di antaranya Sunmi, Code Kunst, Yeri dan Joy dari grup Red Velvet, Jennie dari grup BLACKPINK, serta Simon Dominic.

Yerin adalah salah satu personel duo 15& bersama Park Jimin sejak tahun 2012. Namun, mereka tidak aktif lagi merilis karya sejak 2014. Yerin sempat diberi proyek solo oleh JYP dengan merilis dua album mini, salah satunya Our Love Is Great. Tapi, album itu menjadi yang terakhir buat Baek Yerin di bawah label JYP.

Sebelum hengkang dari JYP, Yerin juga sempat memiliki proyek sampingan bernama The Volunteers. Band ini bergenre rock.