Siaran Langsung Sepak Bola: Ada Final SEA Games Indonesia Vs Vietnam dan Liga Champions

Siaran Langsung Sepak Bola: Ada Final SEA Games Indonesia Vs Vietnam dan Liga Champions

Timnas U-22 Indonesia di laga penyisihan grup (PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Malam ini, mata para penggemar sepak bola Tanah Air tertuju pada partai final SEA Games 2019 antara tim nasional U-22 Indonesia melawan Vietnam. Laga ini akan disiarkan RCTI mulai pukul 19.00 WIB.

Bagi Indonesia, laga yang akan digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina ini bukan cuma kesempatan besar untuk meraih medali emas, tetapi juga memperbaiki citra sekaligus prestasi buruk sepak bola Indonesia akhir-akhir ini.

Timnas senior Indonesia nyaris terpuruk di semua ajang. Paling akhir, mereka menelan kekalahan beruntun di kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berujung pemecatan pelatih Simon McMenemy. Sementara di tingkat liga, masih hangat bagaimana sepak bola Indonesia tercoreng oleh kasus pengaturan skor yang berakibat peringkusan beberapa pejabat tinggi PSSI oleh Satgas Anti Mafia Bola dari Polri.

Namun, langkah Indonesia untuk meraih emas nampaknya tidak akan berjalan dengan mudah. Dilihat dari beberapa pertemuan terakhir kedua negara. Fire Dragon Warriors - julukan Vietnam - mencatatkan kemenangan 2-1 atas Garuda Muda di fase Grup B.

Selain itu, di ajang senior, Vietnam juga meraih kemenangan 3-1 atas Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, 15 Oktober lalu. Ini belum termasuk kemenangan timnas U-23 Vietnam 1-0 saat Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 pada 23 Maret 2019.

Sebaliknya, pelatih Garuda Muda Indra Sjafri justru tanpa beban. Pelatih yang pernah membawa Garuda Muda juara Piala AFF U-19 2013 dan AFF U-22 2019 ini mengaku anak asuhnya tidak terpengaruh dengan besarnya sorotan publik Tanah Air kepada skuatnya maupun catatan pertemuan kedua negara.  Namun ia berharap dukungan doa dari masyarakat Indonesia agar timnya mampu merebut medali emas.

"Yang penting adalah niat baik, usaha yang keras dan doa. Kami harus berjuang karena hanya ada dua pilihan yaitu kita yang menang atau mereka," kata Indra Sjafri usai sesi latihan terakhir Garuda Muda, Senin kemarin.

Selain pertandingan antara Indonesia U-22 dengan Vietnam di Manila, ada juga matchday terakhir Liga Champions Eropa yang disiarkan pada Rabu, 11 Desember, dini hari waktu Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan partai hidup mati untuk lolos ke fase gugur.

Bentrokan antara juara bertahan Liverpool dengan Red Bull Salzburg akan disiarkan SCTV dan Champions TV1 pada pukul 00.55, sementara partai bigmatch antara Inter Milan versus Barcelona disiarkan SCTV pukul 03.00.

Partai-partai lainnya yang disiarkan secara langsung meliputi Napoli vs Genk pukul 00:55 (Champions TV 2), Ajax vs Valencia pukul 03:00 (Champions TV 1), dan Chelsea vs Lille pukul 03:00 (Champions TV 2).

Sepak bola seakan tidak pernah berhenti dimainkan. Bola terus berguling di seluruh penjuru dunia tanpa kenal lelah. Buat kita yang tinggal di negara Asia, menikmati sepak bola Eropa memang butuh perjuangan keras. Karena ketika pluit tanda kick off dibunyikan, 'tidur' hanyalah kata khiasan.