Percayalah, Liverpool Masih Ambisius seperti 'Orang Gila'
Liverpool (Twitter @LFC)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini, Liverpool bertakhta di puncak klasemen sementara Liga Premier dengan selisih 8 poin dari posisi dua Leicester City. Di Liga Champions, 'The Reds' cuma butuh satu poin untuk menjamin satu tempat di babak 16 besar. Pelatih Juergen Klopp menegaskan, menjaga motivasi para pemain Liverpool bukanlah masalah besar karena mereka ambisius seperti 'orang gila'.

Liverpool akan bertandang ke kandang Salzburg, Selasa, 10 Desember, malam dalam laga terakhir Grup E untuk memastikan satu tempat di babak gugur dalam kompetisi yang mereka menangi musim lalu. Mereka juga akan bertanding di Piala Dunia Antarklub akhir bulan ini dan juga lolos ke delapan besar Piala EFL. Artinya, jadwal pertandingan 'The Reds' semakin tebal dan cepat di bulan terakhir tahun ini.

Klopp mendesak para pemainnya untuk memenangi pertandingan satu per satu, dimulai dengan pertarungan besar mereka melawan Salzburg, yang membutuhkan tiga poin untuk benar-benar lolos.

"Saya bukan hanya mengharapkan kami lolos. Saya berharap kami memainkan permainan terbaik yang bisa kami mainkan," katanya pada konferensi pers pra-pertandingan Senin, 9 Desember seperti dilansir dari Soccerway.

"Salzburg sangat senang mereka menang melawan Genk dalam pertandingan sebelumnya dan kami bermain imbang melawan Napoli, sehingga pertandingan ini ibarat partai final. Napoli senang karena mereka tahu mereka hanya perlu bermain imbang dengan Genk," lanjut sang juru racik.

Klopp mengaku, melawan Salzbur tidak akan mudah lantaran mereka harus bermain setiap tiga hari. Namun ia menyadari, timnya harus fokus pada setiap pertandingan dan melawan Salszburg adalah pertandingan paling penting dalam hidup mereka.

Pada leg pertama, Liverpool kebobolan tiga kali dalam pertemuan di Anfield pada Oktober. Dalam kemenangan kandang 4-3 yang mendebarkan itu striker remaja fenomenal Erling Haaland menjadi salah satu pencetak gol bagi tim tamu.

Pasukan Klopp mempertahankan clean sheet pertama mereka dalam 14 pertandingan terakhir kali saat melawan Bournemouth di Liga Premier, tetapi pelatih Jerman itu berharap timnya bisa menangani Haaland yang berambisi mencetak angka.

"Menjaga clean sheet tidak terlalu penting untuk pertandingan besok," kata Klopp. "Kami tidak bertahan dengan baik melawan Salzburg di leg pertama. Mereka adalah tim yang secara mengejutkan membuat banyak gol dari serangan balik. Kami tahu kekuatan mereka dengan sangat baik."

Haaland sedang menikmati musim luar biasa dengan mencetak delapan gol dalam lima pertandingan Liga Champions dan 16 gol dari 14 di Bundesliga Austria. Andai pemaion 19 tahun itu mencetak gol melawan Liverpool nanti malam, ia akan menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam enam pertandingan Liga Champions pertamanya.

"Bagaimana Anda menahan gempuran striker yang sangat bagus? Coba dan hentikan bola masuk ke dalam kotak penalti," tandas Klopp. 

Mampukah Liverpool melakukannya? Saksikan langsung nanti malam atau Rabu dini hari waktu Indonesia pukul 00.55.