Kontingen SEA Games Indonesia yang Berhasil Melampaui Target Jokowi
Atlet Indonesia mendapat medali emas di cabang olahraga Marathon (Instagram @2019seagamesph)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, kontingen SEA Games Indonesia telah berhasil melewati target perolehan medali yang dipesankan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Indonesia berada di posisi kedua peringkat SEA Games dengan perolehan 203 medali.

Tercatat hingga pukul 15.17 WIB, Indonesia berhasil menambah 12 medasi emas pada hari kedelapan SEA Games 2019 di Filipina, Minggu, 8 Desember. Total kontingen merah putih sudah mengoleksi 65 medali emas, 61 perak, dan 75 medali perunggu.

Melansir dari Antara, tambahan medali emas ini disumbangkan dari beberapa cabang olahraga yang dijagokan. Olahraga Dayung misalnya yang memborong tiga medali emas dari nomor final yang dipertandingkan di Malawan Park, Subic, Filipina.

Kemudian, panahan yang diraih atlet panahan junior Arif Pangestu yang satu tim dengan dua seniornya, Hendra Purnama dan Riau Ega Salsabila mengalahkan trio pemanah Malaysia Haziq Kamaruddin, Khairul Mohamad, Muhamad Zolkepeli di nomor recurve putra beregu.

Komandan kontingen atau Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warganegara di Manila mengatakan, akan terus mendorong atlet Indonesia agar terus berjuang mendapatkan medali

Harry meminta agar setiap atlet untuk tetap merapatkan barisan, dan pihaknya juga akan terus mengawal setiap atlet saat bertanding.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo saat acara pelepasan Kontingen Indonesia pada SEA Games 2019 di Istana Kepresidenan Bogor Rabu (27/11), menargetkan kontingen Indonesia menempati dua besar dalam SEA Games 2019 di Filipina.

Rekap perolehan medali di SEA Games 2019 (situs SEA Games 2019 Filipina)

Jokowi berharap peringkat Indonesia pada SEA Games 2019 dapat naik dari SEA Games sebelumnya yang berada di posisi lima.

Kontingen Indonesia mengikuti 52 dari 56 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam SEA Games 2019. Jumlah atlet Indonesia yang mengikuti SEA Games di Filipina sebanyak 841 atlet dan didampingi 256 pelatih termasuk ofisial.