Berburu Bunga Spesial untuk Hari Ibu dan Natal
Hand Bucket Spesial untuk Hari Ibu dan Hari Natal (Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kurang dari dua pekan lagi kita akan menyambut Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember dan Natal di tanggal 25 Desember. Apakah kalian sudah memikirkan kado apa yang akan diberikan untuk orang tua tersayang, atau istri? Jika belum, kami akan memberikan referensi.

Bunga menjadi salah satu elemen dekorasi yang sering digunakan di dalam rumah maupun acara-acara besar. Selain membuat tampak lebih indah, kehadiran bunga segar juga membuat suasana dalam ruang menjadi lebih segar.

Seperti sudah dijelaskan di awal, bunga menjadi elemen yang tidak terpisahkan dari acara-acara formal maupun non-formal. Apalagi saat ini sedang menjadi tren memberikan hand bucket bunga sebagi hadiah.

Jika kalian bingung memberikan kado apa untuk menyambut dua hari besar tersebut, coba lah dengan memberikan hand bucket bunga. Kalian bisa membelinya di Pasar Bunga Rawa Belong.

Ragam bunga di Pasar Bunga Rawa Belong (Mery Handayani/VOI)

Memasuki kawasan pasar ini seperti memasuki kawasan taman bunga. Berbagai jenis bunga cantik dengan beragam warna akan memanjakan mata kalian kala menjejakkan kaki di sana. Aroma bunga pun menyeruak hidung saat masuk menuju bagian dalam pasar.

Tata letak pasar ini cukup rapi. Pasar ini sudah masuk kategori modern jadi tidak akan kalian temui jalanan becek, ataupun kotor. Beberapa pedagang bunga menjual dagangannya di kios, dan ada yang berjualan di tengah pasar dengan menggunakan ember ember besar berisi bunga-bunga nan cantik.

Bunga yang dijual beraneka ragam, mulai dari mawar merah, mawar putih, mawar pink, mawar oranye, sampai warna biru. Ada juga bunga krisan, aster, anggrek, peacock, baby breath, snapdragon, sedap malam, lili, teratai, garbera, gladiol, bunga jengger ayam, tulip, dahlia dan masih banyak lagi jenis bunga lainnya.

Harga bunga di pasar relatif murah. Untuk satu paket mawar berisi 20 tangkai dihargai Rp80 ribu. Sedangkan, lili dihargai Rp25 ribu sampai Rp30 ribu tergantung ada berapa jumlah kuncup bunga dalam satu batang. Jika ingin menghemat budget, kalian bisa membeli satu ikat berisi empat tangkai lili denga harga Rp130 ribu.

Ada juga bunga matahari harganya Rp25 ribu untuk satu ikat yanh berisi lima tangkai. Ada juga bunga anyelir yang dijual perbatang seharga Rp20 ribu. Sedangkan bunga Daisy dijual paket seharga Rp25 ribu.

Bunga Matahari (Mery Handayani/VOI)

Di online shop atau di toko bunga untuk satu hand bucket bunga matahari dihargai Rp250 ribu hingga Rp400 ribu tergantung besar dan kecilnya ukuran rangkaian bunga terbebut. Sedangkan di Pasar Rawa Belong kalian hanya pelu mengeluarkan uang Rp165 ribu. Harga tersebut sudah temasuk jasa merangkai bunga seharga Rp50 ribu. Hemat bukan?

Jika kalian memiliki budget di bawah Rp150 ribu, kalian juga bisa membeli jenis-jenis bunga yang harganya tidak terlalu mahal, kemudian merangkainya sendiri di rumah.

Tidak hanya bunga baru yang dikirim dari petani, ternyata di pasar ini juga menjual bunga bekas. Apakah kalian suka betanya-tanya ke mana limbah bunga dekorasi pernikahan akan berakhir? Jawabnnya adalah Pasar Bunga Rawa Belong.

Para penjual bunga bekas dekorasi pesta pernikahan ada di balik tangga di ujung pasar. Sekilas tidak ada yang berbeda antara bunga bekas dengan bunga baru. Sama-sama masih bagus dan segar. Namun, yang membedakannya hanya pengemasannya. Bunga bekas hanya dipajang dengan ember seadanya.

bunga-bunga yang dijual di Pasar Bunga Rawa Belong (Mery Handayani/VOI)

Salah seorang penjual bunga bekas, Rohim mengatakan, bunga yang dijualnnya diperoleh dari pesta pernikahan tadi pagi. Ia tampak asyik dengan tumpukan bunga-bunga yang tengah dipilihnya.

"Iya bekas tadi pagi. Enggak semua baru di pasar ini. Ada juga yang bekas. Ini semua bekas. Sekarang sudah sedikit, karena sudah banyak diambil. Nanti datang lagi malam bunga-bunga yang baru dari petani," katanya, saat ditemui di Pasar Bunga Rawa Belong, Sukabumi Utara, Jakarta Barat, Minggu, 8 Desember.

Rohim mengatakan, satu ikat bunga baby breath dihargai Rp15 ribu. Harga tersebut terbilang murah, dengan kualitas bunga yang masih segar dan bagus. Sedangkan jika membeli baru, satu ikatnya dibandrol Rp25 ribu.

Di pasar ini, kalian tidak hanya bisa mendapatkan bunga potong. Jika kalian tidak ingin repot karena harus memilih bunga potong sendiri dan membawanya ke kios untuk dirangkai, ada juga beberapa kios yang menyediakan bunga rangkaian. Harganya pun beragam, mulai Rp95 ribu sampai ratusan ribu rupiah, tergantung dari permintaan.

Beberapa pedagang juga ada yang menawarkan jasa dekorasi bunga yang biasa digunakan untuk pesta pernikahan atau pesta ulang tahun, dan pesta-pesta lainnya. Tidak hanya rangkaian bunga dan dekorasi bunga, di lantai dua bangunan pasar ini juga ada jasa pembuat bunga papan. Harga bunga papan diukur dari ukuran dan dekorasi bunganya.