/rif Rayakan Usia 25 Tahun dengan Single <i>O... Gitu Ya</i>
/rif (Instagram @rifbandofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak dinamika serta cerita yang mengiringi karier /rif selama 25 tahun. Band ini telah merilis lebih dari delapan album serta 20 single sehingga tidak berlebihan jika mereka dilabeli 'legenda'. Masih digawangi Andy (vokal), Jikun (gitar), Maggi (drum), Ovy (gitar), dan Teddy (bass), kali ini /rif kembali dengan single bertajuk O... Gitu Ya (JD Records) sejak Kamis, 5 Desember.

Oh... Gitu Ya merupakan hadiah /rif kepada para penggemar musik rock Indonesia yang rindu akan hadirnya lagu-lagu rock seperti era sebelumnya. Apalagi ini menjadi lagu pertama Andy dkk sejak sejak enam tahun lalu.

Bersamaan dengan perilisan lagu ini, sebuah video musik juga dihadirkan sebagai pelengkap. Masih dengan nuansa rock, video musik ini menampilkan para personel /rif yang tampil energik.

"Secara enggak sadar (pas proses rekaman lagu) malah udah jadi video klipnya. Ngambilnya candid itu kamera sama si produser, eh tapi player yang lain enggak setuju. Ya bikin ulang klip jadinya," kata Jikun kepada VOI seperti yang juga pernah disampaikan dalam kicauan Twitter-nya beberapa waktu lalu.

Lagu O.. Gitu Ya memiliki notasi simpel dan lirik tentang sepasang kekasih yang sering silang pendapat. Kemudian, sang pria berusaha melakukan berbagai cara agar kekasihnya bisa ceria dan tersenyum kembali.

Awalnya, Jikun mengakui, sangat sulit membuat komposisi lagu baru yang sejak awal pembuatannya tidak disukai semua player. Tapi sang produser - yang sudah bersahabat dengan /rif sejak album pertama - yakin, lagu tersebut bakal merangkul penggemar yang lebih luas lagi jika diaransemen oleh Andy dkk.

"Itu kayak lagu total rock n' roll yang pakem chord-nya E A B. Buat kami, dimaeninnya  enggak banget kedengarannya...butut! Jadi saya coba bikin aransemen gitar yang mewakili riff yang khas kami ngulik lagu dan dapetlah riff seperti yang sekarang," jelas Jikun.

"Lagu ini diciptakan oleh Arif (anak Bandung), lagu sederhana tapi menurut saya sangat catchy, dalam waktu sehari kami mengaransemen ulang lagu tersebut dan saya ubah beberapa kalimat untuk lebih menarik lalu saya nyanyikan denggan gaya bernyanyi saya. Lagu ini langsung kami rekam," timpal Andy.

Dari sisi musik, tidak ada perbedaan mencolok antara O.. Gitu Ya dengan lagu-lagu /rif sebelumnya. Dengan nuansa party ala /rif, proses aransemen hingga rekamannya hanya memakan waktu sekitar 6 jam.

Mengikuti perkembangan zaman, lagu O.. Gitu Ya bisa didengarkan di seluruh layanan streaming musik. Lagu ini bisa menjadi pembuka untuk album terbaru /rif yang sampai saat ini belum dikonfirmasi perilisannya.